HOME » BERITA » PABRIKAN CHINA LUNCURKAN MOBIL LISTRIK CANGGIH BERBASIS SUV, ANCAMAN BAGI TESLA

Pabrikan China Luncurkan Mobil Listrik Canggih Berbasis SUV, Ancaman Bagi Tesla

Imperium Motors Company (IMC) menjadi pabrikan China pertama yang menjual mobil listrik di Amerika Serikat. Kehadirannya pun akan menyaingi Tesla.

Sabtu, 10 Juli 2021 08:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Pabrikan China Luncurkan Mobil Listrik Canggih Berbasis SUV, Ancaman Bagi Tesla
Skywell Imperium ET5 sedang homologasi di Amerika Serikat. (Imperium Motors via Paul Tan)

OTOSIA.COM - Pabrikan mobil listrik dari China makin gencar melakukan ekspansi ke luar negeri. Selain Indonesia, beberapa pabrikan bahkan berusaha menggempur pasar Amerika Serikat.

Negara tersebut memang dikenal menjadi pasar mobil listrik terbesar di dunia. Namun, tidak sembarang merek bisa memasuki pasar Amerika Serikat.

Imperium Motors Company (IMC) bersama Skyworth (HKG: 0751) berani menjajal peruntungan mereka. Melansir Paul Tan, Kamis (8/7/2021), IMC akan menjual Sport Utility Vehicle buatan Skywell (sekarang disebut Skyworth) bernama ET5.

Saat berita diturunkan, ET5 belum dinyatakan lulus homologasi Amerika. Berdasarkan keterangan website Imperium Motors, spesifikasi lengkap mobil ini memang belum resmi diumumkan.

1 dari 2 Halaman

Langkah pemasaran ET5 terbilang cukup berani. Rupanya mereka turut menjual mobil ini ke Jerman dengan nama Elaris Beo.

Khusus untuk Beo sendiri; yang kemungkinan besar sama dengan ET5, diberkahi lampu depan laser, lampu belakang LED, spion dengan pemanas dan pelipat elektrik, keyless entry, lampu kabut, velg 19 inci, Day-time Running Lights (DRL) LED, dan kaca jendela elektrik dengan fitur keselamatan anti jepit.

Interiornya kelihatan mewah karena banyak menggunakan bahan kulit. Ditambah lagi di baris pertama dimanjakan oleh pemanas jok, panoramic sunroof, spion tengah auto dimming, empat zona AC, speedometer 12.3 inci full layar TFT, delapan speaker dan layar sentuh 12.8 inci di tengah dasbor.

Spesifikasinya mencakup 72 kWh baterai lithium-ion dengan tenaga 204PS. Jarak tempuh sekali pengecasan mencapai 460 km. Lama pengisian 20%-80% menggunakan DC Charging membutuhkan waktu 30 menit, sedangkan 11kW AC Charging setidaknya perlu waktu tujuh jam.

2 dari 2 Halaman

Yang tidak kalah menarik ialah fitur keselamatan yang serba ada, contohnya Adaptive Cruise Control (ACC), Automatic Emergency Braking (AEB), Lane Deperture Warning (LDW), Lane Keep Assist (LKA), Hill Start Assist (HSA), speed limit recognition, kamera 360 derajat, teknologi parkir otomatis serta lampu jarak jauh adaptif.

Bulan Mei silam, IMC mengumumkan ET5 sudah dapat di pesan dengan harga USD 29.990 atau setara Rp 436 juta (Kurs USD 1 = Rp 14.543). Ada dua varian lainnya yang ditawarkan, yakni LV0 dengan jarak tempuh 406 km, sedangkan LV2 dengan jarak 517 km dihargai USD 39.990 (Rp 581 juta).

Menariknya, laman resmi Imperium Motors tidak menyebutkan harga untuk ET5, hanya tertulis "akan segera diumumkan".

BERI KOMENTAR