HOME » BERITA » TESLA RECALL PULUHAN RIBU MODEL 3, GARA-GARA TAMPILAN SPEEDOMETER

Tesla Recall Puluhan Ribu Model 3, Gara-gara Tampilan Speedometer

Recall ini melibatkan kendaraan Model 3 Performance yang diproduksi dari 2018 hingga 2022

Rabu, 04 Mei 2022 17:00 Editor : Ahmad Muzaki
Tesla Recall Puluhan Ribu Model 3, Gara-gara Tampilan Speedometer
Tesla Model 3 (Xinhua/Ding Ting)

OTOSIA.COM - Pabrikan mobil listrik Tesla melakukan recall alias penarikan kembali untuk Model 3 Performance di Amerika Serikat. Total ada 48 ribu unit yang direcall gara-gara tampilan speedometer yang tak dalam posisi track mode.

Disitat dari Reuters, recall ini melibatkan kendaraan Model 3 Performance yang diproduksi dari 2018 hingga 2022. Bagi mobil yang terdampak, pabrikan Negeri Paman Sam ini akan memperbarui perangkat lunaknya.

1 dari 4 Halaman

Tesla mengatakan, pembaruan perangkat lunak yang diluncurkan pada Desember 2021 secara tidak sengaja menghapus tampilan kecepatan atau speed yang menjadi informasi bagi pengguna. Masalah speedometer ini, ditemukan dalam sebuah pengujian internal, dan tidak ada indikasi menyebabkan kecelakaan.

"Kurangnya unit kecepatan saat menggunakan track mode, mungkin tidak cukup menginformasikan pengemudi tentang kecepatan kendaraan, sehingga meningaktkan risiko tabrakan," jelas perusahaan dalam laporannya kepada NHTSA.

2 dari 4 Halaman

Sementara itu, masalah tampilan speedometer ini, ditemukan di sistem pengaturan track Model 3 Performanya. Mode tersebut, berfungsi saat pengemudi melakukan berkendara off-road. Belum diinformasikan lebih detail terkait proses perbaikan akan dilakukan.

Selain itu, belum ada informasi juga terkait apakah pemilik akan dikenakan biaya untuk perbaikan atau tidak.

3 dari 4 Halaman

Recall lain

Sebelumnnya, Tesla juga pernah melakukan recall pada Februari lalu, sebanyak 578.607 unit karena fitur Boombox.Tesla menarik kembali beberapa kendaraan Model S, Model X, Model Y, dan 2017-2022 Model 3 2020-2022 karena fitur Boombox yang memungkinkan suara diputar melalui speaker eksternal saat kendaraan sedang bergerak.

Fitur itu dimungkinkan bakal mengaburkan suara yang diperlukan, seperti Pedestrian Warning System atau suara sistem peringatan pejalan kaki.

4 dari 4 Halaman

Selama 4 bulan terakhir, Tesla telah mengeluarkan 10 penarikan di Amerika, termasuk empat recall dalam dua pekan terakhir.

Alhasil Tesla langsung mendapat sorotan tajam dari Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA). Pihak Tesla pun mengaku tak mengetahui adanya kecelakaan hingga mengakibatkan pengendaranya cedera hingga meninggal dunia terkait masalah pada recall terbaru.

Penulis: Arief Aszhari

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR