HOME » BERITA » TEST DRIVE ALL NEW PAJERO SPORT DI BALI, KENYAMANAN YANG SEMPURNA

Test Drive All New Pajero Sport di Bali, Kenyamanan yang Sempurna

Sabtu, 21 Mei 2016 08:15

Foto : M Syakur
Editor : Albert

Otosia.com - Undangan test drive mobil terbaru atau all new dari agen pemegang merek selalu sayang untuk dilewatkan. Meski sudah mencicipi sedikit  All New Mitsubishi Pajero Sport di beberapa event yang digelar PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) seperti di Ancol dan Kuningan, beberapa bulan lalu, saya mewakili Otosia.com tetap bergairah menerima undangan test drive ini.

Terbayang dalam benak saya medan-medan sulit yang bakal dilalui All New Pajero Sport. Pada Jumat (13/5) dini hari, saya dan sekitar 20 jurnalis sudah berkumpul di Bandara Soekarno-Hatta. Meski rasa kantuk masih mendera, para jurnalis tampak antusias ingin mencicipi lebih dalam mobil SUV Mitsubishi yang penjualannya sudah menuju angka 9.500 di medio Mei ini.

Jumat jam 9 pagi, rombongan tiba di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali. Dibagi dalam 7 kelompok mobil, saya mendapat mobil nomor 1 yang ternyata All New Pajero Sport tipe Dakar 4x2, bersama dua jurnalis lainnya. Tipe ini merupakan tipe termahal kedua dengan banderol Rp 496 juta, setelah tipe Dakar 4x4.

Dengan fitur dan spek yang lengkap di kelas SUV 4x2, pada kesempatan pertama ini saya menjajal posisi penumpang kursi depan. Posisi pengemudi di rute pertama Denpasar-Bedugul ini dipegang rekan jurnalis lain.

Saya langsung meletakkan pantat saya di jok yang dilapisi kulit warna hitam ini. Rasa nyaman terasa, karena busanya empuk dan jok tipe seat bucket-nya membuat saya seolah-olah sedang dipeluk erat seseorang. Leg room dan head room tidak usah khawatir, bahkan untuk saya yang bertinggi badan lebih dari 170 cm.

Kenyamanan di posisi penumpang depan ini makin terasa, meski mobil diajak meliuk-liuk, naik-turun, dan kadang stop and go dalam perjalanan menuju Bedugul. Selain AC dua zone, saya juga bisa menikmati hiburan musik dengan sangat, berkat sistem entertainment yang premium dari tipe ini.

Cukup surprise, kabin di All New Pajero Sport demikian senyap, meski mengusung mesin baru Diesel 4N15 2.4L Mivec turbocharged dan intercooled. Suara mesin di dalam kabin, nyaris tak terdengar. Alhasil, getaran dalam mobil juga sangat minim. Nyaman kan.

Desain lampu depannya yang modern dan dinamis berkat desain dynamic Shields, makin menambah pamor SUV diesel ini. Cukup, saya tidak mau bicara soal eksterior lagi. Silakan Anda nikmati sendiri saja selebihnya di internet atau lihat langsung di diler.

Setelah beristirahat makan siang di satu spot di Bedugul,  giliran saya menjajal posisi pengemudi. Rute kedua, lumayan panjang, Bedugul-Taman Nasional Bali Barat. Kira-kira perjalanan sekitar 3 jam. Saya pikir, ngak masalah tiga jam nyetir dengan All New Pajero Sport yang nyaman. Semoga terbukti ya.

Kondisi jalan di rute kedua ini juga penuh kelokan tajam. Kadang menanjak tajam, kadang menurun curam. Tapi saya sangat yakin menjajal trek ini, berkat mesin baru yang mampu menggelontorkan tenaga maksimum 181  ps per 3.500 rpm dan torsi maksimum 43,8 Kgm/2.500 rpm. Saya merasa tidak pernah kedodoran, meski tiba-tiba setelah turunan curam, kami harus mendaki tajam. Buat saya malah menyenangkan, dengan pemandangan dataran tinggi Bedugul nan hijau. Apalagi fitur keamanan di tipe Dakar 4x2 sudah lengkap, macam anti-lock brake System (ABS), electronic brake force distribution (EBD), brake assist (BA), ditambah fitur active stabilty control, active traction Control, Hill start assist, dan trailer stabilty assist.

Sambil menikmati kawasan perbukitan menuju Taman Nasional Bali Barat, handling All New Pajero Sport cukup baik. Setirnya apik dan nyaman di tangan, sehingga mobil pun nyaman dikendalikan. Saya juga dengan mudah bermanuver di jalan Bedugul dengan kontur khas bukit. Meski ada fitur paddle shift, saya jarang menggunakannya. Cukup taro transmisi 8-percepatan di level D, biarkan mesin bekerja untuk Anda, tanpa khawatir mesin kedodoran.

Nah, secara umum, ngak masalah buat All New Pajero Sport medan jalan aspal dan semi-aspal yang berliku-liku, naik-turun, dan penuh kejutan. Ya, kejutan, karena kadang di setiap belokan tajam ada saja mobil dari arah berlawanan yang mengambil jalur terlalu keluar, meski kami dikawal patwal polisi.

Jelang sore, kami tiba di kawasan Taman Nasional Bali Barat. Menuju taman ini, aspal mulus tersaji dengan kontur jalan cenderung rata dan tidak banyak belokan. Ini tentu medan mudah bagi Pajero Sport yang berjejal fitur keamanan dan kenyamanan ini.

Masuk ke Pulau Menjangan di kawasan Taman Nasional Bali Barat ini sungguh pengalaman yang luar biasa. Bayangkan, taman ini menjadi habitat utama Menjangan atau rusa dengan pohon-pohon yang cukup lebat. Jalan di sana berbatu kasar, layaknya jalan off-road. Berkat suspensi depan yang menggunakan double wishbone type dan coil spring, serta belakang menggunakan 3 link type rigid Axle dan coil spring, All New Pajero Sport tetap nyaman ditunggangi. Badan mobil tidak bergerak hebat, dan kami di dalam kabin masih merasa nyaman.

Perjalanan panjang menuju Taman Nasional Bali Barat menjadi akhir Test Drive hari pertama.  Kami keluar dari pulau ini hampir jam 8 malam. Isengnya, di tengah taman nasional yang gelap gulita, kami berhenti sejenak. Menikmati keindahan cahaya lampu belakang Pajero Sport yang desainnya banyak diolok-olok itu.

Hari kedua

Tes drive hari kedua, Sabtu (14/5), saya kembali ke posisi penumpang depan dan belakang. Rute hari kedua adalah Pulau Menjangan-Bedugul-Sanur.  Tak banyak dieksplorasi di rute ini. O ya, saya sempat menjajal membuka sunroof untuk mengambil foto. Saat sore atau matahari tidak terik, terasa sensasinya mengendarai mobil dengan sunroof terbuka. Tapi tidak rekomen saat panas terik ya, kasihan pengemudinya.

Saat menjadi penumpang belakang, saya merasa cukup nyaman dengan joknya yang berbahan kulit dan sudut kemiringan jok yang pas. Sehingga tubuh ini tidak mudah cepat lelah, meski menempuh perjalanan lama.

Jadi, terasa nyaman dan mantap menjajal All New Pajero Sport di medan aspal dan semi-aspal di Pulau Dewata. Jika Anda penggemar SUV  yang berkarakter sport, mobil ini bisa jadi satu pilihan tentunya.