HOME » BERITA » TEST RIDE FREEGO, JAJAL HANDLING DAN ABS SI KECIL BERPERUT NMAX

Test Ride Freego, Jajal Handling dan ABS Si Kecil Berperut NMAX

Kamis, 08 November 2018 19:30 Editor : Dini Arining Tyas
Test Ride Yamaha Freego (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Yamaha Freego jadi satu jagoan baru Yamaha di jajaran skuter kecil. Namun, banyak hal berbeda tersemat di tunggangan satu ini. Bagasinya sama dengan NMAX bahkan lebih besar.

Kelebihan lainnya ada pada urusan handling dan pengereman yang tersedia untuk pilihan ABS. Tes pun dilakukan di parkiran Sirkuit Sentul setelah beres menjajal R25 terbaru di sirkuit.

Test Ride Yamaha Freggo (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Kenapa di parkiran? Di sini aspalnya berpasir dan berkerikil, sedikit aspal terkelupas, dan tentu saja areanya terbilang luas. Jadi kira-kira itu bisa jadi perwakilan kondisi jalan perumahan yang sebenarnya berbahaya karena rentan bikin kepleset.

Panitia Yamaha menyedikan kerucut-kerucut kecil untuk tes manuver, dan motor pun dijajal di area tersebut dengan langsung tancap gas.

Nah, ada yang unik pas motor dinyalakan, kayak ada gerakan halus baru kemudian mesin pelan-pelan nyala. Ini pasti karena pakai Smart Motor Generator (SMG).

Test Ride Yamaha Freggo (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Sebelum tancap gas, motor dipuntir sedikit, dan iseng-iseng coba Stop & Start System (SSS)-nya yang waktu mesin didiamkan menyela lebih dari 5 detik, tidak lama mati sendiri. Fungsinya buat menghemat konsumsi bahan bakar. Lalu kalau tuas gas dipuntir lagi, otomatis mesin hidup.

Nah, sekarang giliran tancap gas. Puntiran maksimal dilakukan buat tahu seberapa jauh respons skutik 124,96 cc (125 cc) yang di sistem pembakarannya sudah pakai forged piston & dan silinder DiASil ini.

Hasilnya responsif. Sekali puntir, motor langsung melesat. Yamaha lagi pula memang terkenal untuk urusan begini-begini, dan sudah jadi tradisi sejak mereka bikin Mio.

Test Ride Yamaha Freggo (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Nah, setelah laju dan tikungan, laju lalu tikungan melewati cone-cone, di situ kita merasakan ketika ABS-nya aktif. Momen-momen kepeleset gara-gara kerikil bisa diminimalkan. Motor pun terasa punya handling yang enteng.

Aspek enteng mungkin didukung sama rodanya yang mungil. Ukurannya cuma 12 inci, tetapi bertapak lebar dan sudah pakai ban tubeless. Jadinya rasanya lincah.

Sampai di titik finish, coba buka bagasi, memang bagian itu lumayan luas. Kalau menurut data, kapasitasnya sampai 25 liter alias di atas NMAX. Lumayan juga buat bawa belanjaan atau simpan helm kalau mau jemput-jemput.

Reporter : Nazarudin Ray

 (kpl/nzr/tys)

BERI KOMENTAR