HOME » BERITA » TIBA DI MARKAS ROSSI, INI TES AWAL PEMBALAP INDONESIA

Tiba di Markas Rossi, ini Tes Awal Pembalap Indonesia

Kamis, 13 September 2018 09:45 Editor : Cornelius Candra
Foto: Istimewa

OTOSIA.COM - Terpilih berlatih langsung dengan sang idola Valentino Rossi memberikan rasa senang yang luar biasa bagi pembalap muda Yamaha Indonesia, Muhammad Faerozi Toreqottulah. Pembalap berusia 15 tahun ini akhirnya tiba di VR46 Master Camp, Italia, kemarin.

Faerozi tiba bersama dengan dua pembalap dari Malaysia yakni Muhammad Aiman Bin Tahiruddin (16) dann Nazirul Izzat Bin Muhammad Bahauddin (18), serta Shota Yokohama (16 tahun).

"Program pelatihan telah berjalan cukup lama sejak kami mulai tahun 2016, dan kami akan mencoba untuk membuat edisi keenam ini sebagai yang terbaik. Selalu menyenangkan untuk membantu pengendara muda meningkatkan level balap mereka, kata Alessio Salucci dari VR46 Riders Academy yang juga sahabat dekat Valentino Rossi.

Setibanya di markas Rossi Faerozi bersama tiga pembalap Asia lainnya menjalani tes kesehatan, sebagai tahapan awal menghuni VR46 Master Camp. Medical check-up bertujuan untuk mengetahui dan mengontrol kondisi tubuh atau kesehatan secara menyeluruh sebelum masuk dalam tahap awal pelatihan Master Camp. Medical check-up berlangsung 20 menit untuk setiap pembalap.

Pihak VR46 Riders Academy bekerjasama dengan Fisiosport dan didukung Dokter Marco mengukur tinggi dan berat badan, dimana Faeroz yang berasal dari Lumajang, Jawa Timur memiliki bobot 51 kg dan tinggi 168 cm.

Selanjutnya Faerozi bersama rider Asia lainnya mengikuti tahapan Pony Spirometer, pemeriksaan torax (pernafasan), pemeriksaan tekanan darah, Cardioline 6 titik di bagian kaki, tangan dan dada sebelum aktivitas dan berlanjut Cardioline 6 titik di bagian kaki, tangan dan dada sesudah aktivitas selama 3 menit. Cardioline ini berhubungan dengan pengukuran detak jantung dan asupan oksigen.

"Kami melihat banyak talenta dari Asia masuk dalam semua kelas di kejuaraan MotoGP dan kami berharap, dengan bantuan kami minggu ini, para peserta dapat dilengkapi hingga tahu bagaimana mewujudkan impian mereka," tukas Alessio Salucci.

Sementara Faerozi mengungkapkan rasa bangganya dapat belajar meningkatkan kemampuan balapnya langsung dari sang legenda MotoGP. Ia akan memanfaatkan sungguh-sungguh kesempatan ini untuk menapak jenjang karir balap yang lebih tinggi lagi.

"Saya ingin menggunakan pengalaman ini untuk meningkatkan keterampilan balap saya di masa depan. Jadi saya dapat menggunakannya ketika saya pulang ke Tanah Air. Saya sangat gembira tentang prospek latihan flat-track di VR46 Motor Ranch dan juga dapat latihan di Sirkuit Misano," ungkap Faerozi yang didampingi oleh Wahyu Rusmayadi, Divisi Motor Sports PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Reporter : Nazarrudin Ray

(kpl/nzr/crn)

BERI KOMENTAR