HOME » BERITA » TIDAK MAU KALAH DENGAN CINA, TAIWAN JUGA GETOL MASUK KE INDUSTRI OTOMOTIF INDONESIA

Tidak Mau Kalah dengan Cina, Taiwan Juga Getol Masuk ke Industri Otomotif Indonesia

Perusahaan otomotif Taiwan makin agresif menawarkan teknologi yang mempercepat proses dan meningkatkan presisi produksi pabrik mobil di Indonesia.

Rabu, 04 November 2020 09:15 Editor : Nazarudin Ray
Tidak Mau Kalah dengan Cina, Taiwan Juga Getol Masuk ke Industri Otomotif Indonesia
Simon Wang, Executive Vice President Taiwan External Trade Development Council (Istimewa)

OTOSIA.COM - Pada setiap pameran industri otomotif dan alat berat seperti INAPA, perusahaan-perusahaan Cina dan Taiwan bersaing ketat mencari pasar dan mitra bisnisnya di Indonesia. Tidak mau kalah dengan Cina, perusahaan otomotif Taiwan tetap agresif masuk ke pasar Indonesia lewat berbagai pameran.

Salah satunya adalah Excellence Smart Machine Tools for Automotive Manufacturing Online Products and Solutions Launch. Perusahaan-perusahaan Taiwan tersebut menyasar pabrik-pabrik besar otomotif di Tanah Air

Tercatat ada 4 pembuat peralatan mesin ikonik Taiwan, berupa manufaktur pintar dan canggih, membantu pembeli dengan memperkenalkan solusi industri 4.0 dan solusi otomasi. Teknologi tersebut diklaim dapat memperbarui proses produksi mobil modern.

Keempat perusahaan tersebut adalah Seyi, Jainnher, YDPM, dan Tongtai. Mereka memamerkan produk dan solusi terbaru perusahaan termasuk servo presses, grinding machines, digitally-controlled machine tools, dan solusi industri 4.0 untuk manufaktur otomotif.

1 dari 2 Halaman

"Industri Taiwan Smart Machinery terkenal dengan teknologi presisi yang canggih dan integrasi TIK yang masif, dapat membantu pembuat mobil membangun jalur produksi yang sepenuhnya otomatis dengan manajemen jarak jauh, memungkinkan pabrikan untuk secara efektif meningkatkan kinerja dan stabilitas produksi, serta membangun kemampuan untuk merespon permintaan dengan cepat," kata Simon Wang, Executive Vice President Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) kepada awak media.

Seyi sendiri dikenal sebagai pembuat servo aplikasi pengepres servo dalam prosedur hot stamping untuk pembuatan suku cadang mobil ringan, sedang dan besar, serta penerapan suku cadang baja dengan bobot ringan namun kuat dalam industri otomotif modern dan secara efektif memperkuat struktur mobil.

Sedangkan Jainnher memiliki spesialisasi dalam pembuatan penggiling mesin dan kotak roda gigi utama, seperti roda gigi, poros, bantalan, dan lain-lain. Selanjutnya mereka juga meningkatkan presisi suku cadang dan efisiensi lini produk melalui digital kontrol dan teknik shock absorbing.

 

2 dari 2 Halaman

Sementara YDPM menawarkan solusi pemrosesan keseluruhan untuk suku cadang otomotif. 

"Melalui mesin bubut dan pusat mesin, perusahaan membantu pembeli dengan membangun lini produk dengan efisiensi, akurasi dan fleksibilitas tinggi, serta membantu mereka memproduksi semua jenis suku cadang mobil berkualitas," katanya.

Sedangkan Tongtai mengintegrasikan berbagai aplikasi dan menggunakan mesin multi-sumbu untuk membuat jalur produksi lebih selaras dan efisien. Solusinya mencapai digital-twin dan cyber-physical, sehingga membantu pembuat otomotif mengelola sumber daya produksi dengan lebih mudah.

 

BERI KOMENTAR