HOME » BERITA » TIDAK MAU KALAH, DFSK SIAPKAN PENANTANG WULING MINI EV

Tidak Mau Kalah, DFSK Siapkan Penantang Wuling Mini EV

Melihat suksesnya mobil listrik kecil Wuling Mini EV, DFSK siapkan rival baru dengan nama yang sama.

Kamis, 21 Oktober 2021 21:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Tidak Mau Kalah, DFSK Siapkan Penantang Wuling Mini EV
DFSK Fengguang Mini EV (carnewschina.com)

OTOSIA.COM - Wuling Hongguang Mini EV menjadi salah satu mobil terlaris di Tiongkok. Berdasarkan data dari situs carnewschina.com, Mini EV terjual 1.800 unit per harinya di China. Artinya, mobil listrik mungil itu terjual satu unit dalam 20 detik.

Kesuksesan Wuling Mini EV tidak terlepas dari berbagai aspek, yakni harga yang terjangkau, jarak tempuh cukup untuk perkotaan, dan ruang kabin yang dinilai pas untuk memenuhi mobilitas sehari-hari.

Kesuksesan Mini EV ikut mendorong DFSK untuk ancang-ancang meluncurkan mobil sejenis. Inilah kelak yang akan menjadi pesaing Mini EV.

1 dari 4 Halaman

Fengguang Mini EV

Tampang belakang Fengguang Mini EV (carnewschina.com)

Mengutip pada situs yang sama, Selasa (19/10/2021), DFSK menyiapkan Fengguang Mini EV. Mobil tersebut dijual di bawah brand Fengguang karena DFSK lebih dikenal sebagai penjual mobil komersial di China.

Selain nama belakang mirip, Fengguang Mini EV juga mengadopsi bahasa desain yang serupa. Mobil ini punya dimensi kompak dan cukup mengotak, cocok untuk melintasi jalanan perkotaan padat.

2 dari 4 Halaman

Perbedaan antara Wuling Mini EV dan Fengguang Mini EV ada pada detail-detailnya. DFSK mengusung bentuk lampu yang lebih besar dibanding Wuling dan tarikan garis di fascia depan lebih mirip "kumis" yang menghiasi bumper. Hanya saja mobil ini belum dilengkapi lampu kabut.

Ke bagian samping, window line pada Fengguang Mini EV cukup berbeda dengan Wuling Mini EV. Pesaing Wuling ini memboyong desain floating roof di bagian bawah pilar C, sedangkan Wuling Mini EV menempatkan bagian yang sama di tengah pilar C.

3 dari 4 Halaman

Fengguang Mini EV (carnewschina.com)

Pelek yang digunakan pun cukup berbeda, DFSK memasangkan ban ukuran kecil dengan motif kembang 4 baut berwarna two tone. Sementara Mini EV Wuling menggunakan pelek yang sama kecilnya tetapi berbentuk kipas 4 palang dan berwarna single tone.

Beralih ke sektor buritan, tampilan mobil listrik ini dibuat selaras dengan wajah depannya. Hal ini terlihat pada bagian bumper belakang Fengguang Mini EV. Ada garis hitam yang memberikan gambaran sebagai mulut. Sedangkan lampunya berdesain lancip, mirip jajaran genjang.

4 dari 4 Halaman

Masih banyak misteri

Sayangnya kumpulan foto Fengguang Mini EV terbatas pada tampilan luar. Untuk fitur kenyamanan dan keselamatan, serta bentuk interiornya masih menjadi menjadi teka-teki.

Untuk dapur pacu, situs tersebut menjelaskan bahwa Fengguang Mini EV memakai motor listrik dengan daya sebesar 34 hp. Kapasitas baterainya sendiri sejauh ini belum terungkap.

Kemungkinan besar spesfikasinya baterainua tidak jauh berbeda dengan Wuling Hongguang Mini EV, mengingat mobil DFSK ini memang disiapkan untuk berhadapan langsung dengan Mini EV dari Wuling.

BERI KOMENTAR