HOME » BERITA » TIDAK MUDAH UNTUK DAPATKAN SIM F1

Tidak Mudah Untuk Dapatkan SIM F1

Rabu, 19 April 2017 21:15

Tidak Mudah Untuk Dapatkan SIM F1
Foto: AFP
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Menjadi pembalap Formula 1 tentu sudah menjadi mimpi banyak orang. Namun, saking kompetitifnya ajang balap jet darat ini, seluruh pembalapnya wajib memiliki SIM super, atau Super Licence.

FIA Super Licence merupakan sebuah kualifikasi yang memungkinkan sang pemegang lisensi untuk mengambil bagian di ajang Formula 1 sebagai pembalap. SIM F1 ini dikeluarkan oleh FIA atas permintaan pembalap atau tim yang mengajukan nama pembalap tersebut.

Untuk mendapatkan Super Licence pun tidak mudah. Untuk memenuhi syarat untuk mendapatkan FIA Super Licence, pengemudi harus sudah menjadi pemegang lisensi di sebuah ajang balapan kategori Grade A.

Kemudian, seperti yang terlamoir dalam FIA International Sporting Code, Lampiran L, menyatakan persyaratan bahwa pengemudi harus menjadi juara di kategori yang lebih rendah dari F1, misalnya Formula 3, Formula 2, atau GP2 Series, atau harus secara konsisten finish baik dalam kategori itu.

Untuk mempermudahnya, FIA mewajibkan untuk mengumpulkan 40 poin dalam lisensinya, terhitung sejak 3 musim balap sebelumnya.

Poin untuk lisensi pun diberikan di akhir musim balap, sesuai dengan tingkatan balapnya.Sebagai contoh, seorang pembalap finis di posisi tiga posisi pertama dalam dua tahun terakhir di Formula 2 akan memenuhi syarat untuk mendapatkan FIA Super Licence.

 (kpl/fdk)

Ferrari SF70H
 
7 Foto






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER