HOME » BERITA » TIGA RIDER DUNIA KEMBALI PANASKAN BALAP SUPERMOTO INDONESIA

Tiga Rider Dunia Kembali Panaskan Balap Supermoto Indonesia

Pada kejuaraan supermoto Trial Game Asphalt International Championship (TGAIC) tanggal 13 dan 14 Desember mendatang di Boyolali, Jawa Tengah, tiga kroser Perancis menyatakan ambil bagian.

Kamis, 12 Desember 2019 08:15 Editor : Dini Arining Tyas
Tiga Rider Dunia Kembali Panaskan Balap Supermoto Indonesia
Tiga pembalap asing dalam supermoto (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Kejuaraan supermoto di Indonesia rupanya menjadi agenda balap yang menggiurkan bagi pembalap-pembalap asing, terutama dari Eropa. Sejak beberapa tahun lalu kejuaraan supermoto di Tanah Air selalu diikuti pembalap asing yang bersaing ketat dengan rider papan atas Tanah Air.

Pada kejuaraan supermoto Trial Game Asphalt International Championship (TGAIC) tanggal 13 dan14 Desember mendatang di Boyolali, Jawa Tengah, tiga kroser Perancis menyatakan ambil bagian.

Ketiga pembalap bule tersebut adalah Germain Vincenot, Sylvain Bidart, dan Maxime Lacour. Ketiganya bukan pembalap sembarangan. Mereka sudah menorehkan prestasi cemerlang di negaranya, bahkan Eropa dan Amerika.

Namun hanya Germain Vincenot menjadi satu-satunya rider yang pernah mencicipi ketatnya persamgan di Trial Game Asphalt di Sirkuit Stadion Kanjuruhan, Malang, 2018 lalu.

Germain Vincenot sendiri sudah 2 kali menjadi iuara nasional di Perancis di kelas 450cc pada tahun 2018 dan 2019, dan menempati peringkat ke-3 dan 6 kejuaraan dunia supermoto.

Sedangkan Maxime Lacour yang berusia 27 tahun tidak pernah terlempar dari posisi 5 besar pada kejuaraan Supermotard di Perancis. Sementara Sylvain Bidart adalah pemegang 7 kali juara di negaranya. Pembalap berusia 34 tahun ini juga tercatat 2 kali menjadi yang terbaik di Swiss, dan satu kali menjuarai supermoto di Spanyol dan Amerika. Hebatnya lagi Bidart adalah penyandang 7 kali juara dunia supermoto.

1 dari 1 Halaman

Tiga Rider Dunia Kembali Panaskan Balap Supermoto Indonesia

Ketiga pembalap tersebut nantinya akan berlaga di kelas FFA 450 International Championship. Mereka akan bertarung melawan rider-rider terbaik Indonesia seperti Doni Tata Pranata, Tommy Salim, Ivan Harry Nugroho serta Farudila Adam. 

"Tujuan mendatangkan ketiga pebalap dunia tersebut supaya para pembalap Indonesia bisa merasakan karasnya kompetisi dan atmosfer supermoto kelas dunia. Selain itu hal ini dapat memotivasi para pembalap Indonesia untuk, meningkatkan kemampuan kemampuannya dalam bersaing dengan ridel kelas dunia," ujar  Mario CSP selaku penyelenggara.

Trial Game Asphalt International Championship akan melombakan 3 kelas utama, yakni kelas Trail 175 Non Pro, Kelas Trail 175 Open serta kelas A 250.  Sementara kelas FFA 250 akan menjadi pusat perhatian. Sebab akan tersaji persaingan sengit dalam perebutan gelar juara umum hingga putaran kelima ini di Boyolali. Mereka adalah Farudila Adam, Tommy Salim serta Doni Tata Pradita.

Hingga putaran ke-4 berakhir, pada klasemen sementara, Farudila Adam, rider asal Kota Malang, Jatim, masih kokoh di puncak klasemen dengan 184 poin. Posisinya terus ditempel ketat oleh pebalap kelahiran Surabaya, Jatim, Tommy Salim dengan torehan 181 poin. Sedang Doni Tata yang juga masih memiliki peluang, membayangi di peringkat ke-3 dengan 169 poin.

BERI KOMENTAR