HOME » BERITA » TIM BALAP FERRARI F1 DIBOIKOT, ADA APA NIH?

Tim Balap Ferrari F1 Diboikot, Ada Apa Nih?

Tim baap Ferrari F1 kini diboikot oleh 7 tim balap lain. Hal ini merupakan buntut dari tuduhan kecurangan pada mesin Ferrari yang dilaporkan pada musim lalu tanpa adanya kejelasan dari FIA.

Minggu, 08 Maret 2020 13:15 Editor : Dini Arining Tyas
Tim Balap Ferrari F1 Diboikot, Ada Apa Nih?
Ferrari F1 (Zing)

OTOSIA.COM - Beberapa tim balap Formula 1 (F1) mengirimkan surat pengaduan terkait meisn Ferrari F1, pada musim lalu. FIA lantas menindaklanjutinya dengan melakukan penyelidikan terhadap meisn Ferrari F1 itu.

Hanya saja, kini persoalan ini tak kunjung berakhir. Malah, saat ini dikabarkan bahwa tim balap Ferrari F1 kena boikot.

Melansir Zing, boikot di sisa musim balap ini dilakukan lantaran FIA disebut tak mempublikasikan kesepakatan hasil investigasi terhadap tim balap Ferrari F1. Hingga saat ini, disebut ada tujuh tim balap yang menandatangani petisi yang menginginkan FIA mengungkapkan informasi kesepatakan itu.

Jika tidak, mereka mengancam akan menuntut FIA. Hanya Alfa Romeo dan Haas, yang tak menandatangani petisi. Entah hal ini berkaitan dengan penggunaan mesin Ferrari F1 oleh Alfa Romeo dan Haas, atau bukan.

1 dari 1 Halaman

Pastinya, Mercedes, Red Bull, McLaren, Renault, Racing Point, AlphaTauri, dan Williams, kompak menentang Ferrari F1. "Kami terkejut dengan kesimpulan investigasi FIA terhadap divisi mesin Scuderia Ferrari F1 apda 28 Februari 2020. Kami menentang FIA yang diam-diam setuju dengan Ferrari tentang masalah ini," begitu pernyataan 7 tim balap F1.

FIA belum menanggapi permintaan itu. Sementara itu, yang dipermasalahkan saat ini bahwa FIA tidak jelas dalam menentukan apakah Ferrari curang atau tidak. Tim balap percaya bahwa FIA sengaja menyembunyikan kebenaran.

"Kami meminta FIA mempublikasikan temuan investigasi untuk memastikan keadilan bagi semua tim balap yang tersisa. Kami bertindak atas nama penggemar, peserta F1, dan pemegang sama," begitu kelanjutan pernyataan.

BERI KOMENTAR