HOME » BERITA » TINGGALKAN KESAN IMUT, MINI CIPTAKAN JOHN COOPER WORKS BUGGY

Tinggalkan Kesan Imut, MINI Ciptakan John Cooper Works Buggy

Desain bodinya pun nyaris tidak mirip sama sekali dengan model MINI yang sudah ada sebelumnya, namun tidak meninggalkan ciri khas merek mobil asal oxford, Inggris tersebut.

Sabtu, 25 November 2017 18:15 Editor : Fitradian Dhimas
Foto: MINI

OTOSIA.COM - Pada bulan Januari mendatang, balap mobil paling ganas dan berat sedunia yang pernah ada, reli Dakar, akan kembali dimulai selama 2 minggu.

Untuk menghadapi reli Dakar, MINI melalui tim X-Raid, memperkenalkan Mini John Cooper Works Buggy yang dibangun dengan sasis tubular dan semua panel bodi diganti menggunakan carbon fibre.

Desain bodinya pun nyaris tidak mirip sama sekali dengan model MINI yang sudah ada sebelumnya, namun tidak meninggalkan ciri khas merek mobil asal oxford, Inggris tersebut.

Mesin asli milik Mini Cooper Countryman sudah membengkak menjadi 2.993 cc 6 silinder segaris. Mesin diambil dari varian mesin dari BMW Group TwinPower turbo, lengkap dengan driveline penggerak roda belakang.

Hasilnya, dengan restriktor udara 38 mm, Mini John Cooper Works Rally menghasilkan tenaga 340 HP pada 3.250 RPM dan torsi sekuat 800 Nm di 1.850 RPM.

Seperti yang tertulis dalam laman resmi X-Raid, transmisinya mempercayakan unit sequitial 6 keepatan bikinan Sadev, yang dibantu dengan kopling racikan AP Racing, serta exhaust buatan Akrapovic.

Pada bagian kaki-kaki, suspensi super kuat hasil karya Reiger Racing yang siap menghadapi medan berat reli Dakar didukung oleh rem cakram berkaliper 6 piston berukuran 320x32 mm yang pas digunakan dengan ban BF Goodrich 245/80R 16.

Pada reli Dakar 2018 mendatang, 3 unit Mini John Cooper Works Buggy dipersiapkan untuk berhadapan dengan Peugeot 3008 DKR dan Toyota Hilux Evo.

(kpl/fdk)

BERI KOMENTAR