HOME » BERITA » TINJAU BANJIR KALIMANTAN SELATAN, PRESIDEN JOKO WIDODO PAKAI SUV GAHAR

Tinjau Banjir Kalimantan Selatan, Presiden Joko Widodo Pakai SUV Gahar

Mobil yang ditumpangi oleh Presiden Joko Widodo juga tak terhindar dari jalanan yang terendam banjir. Kabar baiknya tak ada masalah berarti saat mobil rombongan kepresidenan melintasi jalanan banjir di Kalimantan Selatan.

Senin, 18 Januari 2021 19:45 Editor : Dini Arining Tyas
Tinjau Banjir Kalimantan Selatan, Presiden Joko Widodo Pakai SUV Gahar
Presiden Joko Widodo saat tinjau bencana banjir di Kalimantan Selatan (Dok. Biro Pers Setpres)

OTOSIA.COM - Presiden RI Joko Widodo hari ini meninjau bencana banjir di Kalimantan Selatan, Senin (18/1/2021). Dalam peninjauan tersebut, mobil yang dipakai oleh Presiden Jokowi sempat mencuri perhatian, karena berhasil dipakai menerobos banjir.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudi mengonfirmasi insiden rombongan mobil kepresidenan yang melewati jalanan yang terendam banjir. Insiden itu terjadi saat Jokowi meninjau Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

"Benar melewati genangan air tapi tidak terndam. Memang genangan air setinggi itu dan kami tahu ada genangan seperti itu," kata Bey, disitat dari Liputan6.com, Senin (18/1/2021).

1 dari 4 Halaman

Meski sempat menerobos genangan air, Bey memastikan bahwa hal itu tidak menjadi masalah bagi rombongan Kepresidenan. Smeua mobil disebut bisa melewati genangan dengan aman.

"Jadi tidak masalah dan semua terkendali. Kebetulan mobil yang digunakan tinggi-tinggi, Commuter aja bisa lewat," kata Bey.

2 dari 4 Halaman

Toyota Land Cruiser

(c) Instagram/wargabanua

Presiden Jokowi sendiri terlihat menggunakan SUV besar Toyota Land Cruiser warna hitam saat melakukan peninjauan tersebut. Land Cruiser yang dipakai Jokowi itu kemungkinan merupakan model produksi tahun 2017 atau 2018.

Seperti diketahhui, Toyota Land Cruiser memang didesain sebagai mobil yang bisa dipakai di medan off-road juga. Meski begitu, mobil 4x4 itu dirancang untuk memberikan kenyamanan bagi penumpangnya.

3 dari 4 Halaman

Maka tak heran jika mobil itu aman-aman saja dipakai untuk menerjang banjir. Selain itu, fitur keamanannya juga mumpuni, seperti 7 buah airbag, blind spot monitor & rear traffic alert, vehicle stability control, sistem pengereman dengan Anti-lock Braking System (ABS), Hill-start Assist, hingga kamera 360 derajat.

Performanya juga didukung dengan mesin yang mumpuni. Di Indonesia, Toyota Land Cruiser terbaru dibandrol mulai Rp 2,2 miliaran, seperti tercantum pada laman Toyota Astra Motor (TAM).

Saat kunjungan itu, banyak warga yang merekam momen bertemu dengan Jokowi. Video-video yang beredar di media sosial juga terlihat Jokowi membagikan bantuan untuk anak-anak. Berikut video yang dibagikan oleh akun Instagram @wargabanua:

4 dari 4 Halaman

BERI KOMENTAR