HOME » BERITA » TIPS JITU AGAR BERKENDARA LEBIH AMAN DI MUSIM HUJAN

Tips Jitu Agar Berkendara Lebih Aman di Musim Hujan

Potensi kecelakaan motor saat musim hujan lebih tinggi.

Senin, 22 Februari 2021 12:15 Editor : Cornelius Candra
Tips Jitu Agar Berkendara Lebih Aman di Musim Hujan
Mengendarai motor saat hujan (Yamaha)

OTOSIA.COM - Pada awal 2021 ini, berbagai daerah di Indonesia kerap diguyur hujan. Kondisi ini tentu menympan potensi bahaya, terlebih bagi para pengendara sepeda motor.

"Faktor pengendara, kendaraan, lingkungan atau cuaca sangat mempengaruhi saat berkendara di musim hujan. Kita wajib menjalankan safety riding untuk menjaga diri sendiri dan pengendara lainnya, khususnya menghindari potensi bahaya saat berkendara di musim hujan," terang Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Karena itu, Yamaha Riding Academy (YRA), memberikan beberapa tips yang bisa dijalani agar berkendara saat cuaca hujan menjadi lebih aman:

1 dari 5 Halaman

Jaga Jarak

Untuk menghindari kecelakaan, jaga jarak dengan kendaraan lain dan upayakan tidak terlalu dekat. Pasalnya, saat hujan jalan menjadi lebih licin sehingga traksi atau daya cengkeram ban motor berkurang.

2 dari 5 Halaman

Selalu Waspada

Biasanya, daya pandang saat hujan akan berkurang. Karena itu, diperlukan fokus yang lebih dari pengendara terhadap segala hal di sekitarnya, seperti kendaraan lain, jalan berlubang, dan marka jalan.

3 dari 5 Halaman

Mengatur Pengereman

Ketika hujan, lakukan pengereman dengan halus dan perlahan. Hal ini mampu mengurangi risiko terjadinya slide atau tergelincir saat memperlambat laju, serta motor lebih mudah dikendalikan.

4 dari 5 Halaman

Safety Gear

Jelas, perlengkapan berkendara tak boleh terlupakan. Selalu gunakan jas hujan model setelan (atasan dan bawahan), helm dengan visor bening, sepatu anti air atau karet, dan sarung tangan. Pastikan ukurannya sesuai dan lebih baik menggunakan warna cerah.

5 dari 5 Halaman

Motor Terjaga

Salah satu faktor kecelakaan adalah kondisi kendaraan yang kurang baik. Karena itu, sebelum memulai perjalanan, pastikan rem pakem, ban tidak gundul, tekanan sesuai, lampu berfungsi baik, dan cover body tidak ada yang terbuka.

BERI KOMENTAR