HOME » BERITA » TIPS JITU PILIH HELM, PERHATIKAN 3 HAL INI

Tips Jitu Pilih Helm, Perhatikan 3 Hal Ini

Ada 3 hal penting yang harus diperhatikan dan tidak boleh diputar.

Senin, 05 Oktober 2020 08:15 Editor : Cornelius Candra
Tips Jitu Pilih Helm, Perhatikan 3 Hal Ini
Helm motor (got2go.de)

OTOSIA.COM - Salah satu perlengkapan yang wajib digunakan saat mengendarai sepeda motor adalah helm. Pasalnya, ini adalah satu-satunya benda yang melindungi kepala ketika terjadi benturan.

Karena itu, memilih helm harus tepat, terlebih dengan harga yang bisa dibilang tidak murah. Kebutuhan perlindungan, kenyaman, dan style dari pemiliknya pun harus terpenuhi.

"Jadi ada 3 hal utama ketika memilih helm, yaitu safety atau keselamatan, comfort atau kenyamanan, dan style atau modelnya. Ketiganya ini adalah urutan, tidak boleh dibalik," terang Christanto Ramli, pemilik Gasoline Rider Station, salah satu toko perlengkapan berkendara di Jakarta Pusat.

1 dari 1 Halaman

Pria yang akrab disapa Om Chris itu pun menjelaskan bahwa fungsi keselamatan helm bisa dilihat dari standarisasinya. Di Indonesia, pemerintah menerapkan SNI, kemudian ada DOT di Amerika Serikat, ECE untuk Eropa, dan yang tertinggi SNELL, atau dinyatakan layak turun di kejuaraan balap internasional.

"Kalau sudah safety, aman, lihat kenyamanannya. Kepala orang Asia kebanyakan berbentuk bulat, jadi tinggal cari helm apa yang kira-kira nyaman. Cara cek ukurannya mudah, tekan bagian belakang helm ke depan, selipkan jari telunjuk ke antara dahi dan helm. Kalau masih masuk, berarti terlalu besar," tambahnya.

Mengenai style atau tampilan, Otolovers bisa memilih beragam model helm yang tersedia. Sekarang pun sudah banyak pabrikan yang memasarkan helm dengan corak pembalap MotoGP, World Superbike (WSBK), dan ajang lainnya.

BERI KOMENTAR