HOME » BERITA » TIPS KENDARAI MOTOR ANTI BATAL PUASA SAAT RAMADAN 2019

Tips Kendarai Motor Anti Batal Puasa Saat Ramadan 2019

Simak beberapa tips agar puasa tetap lancar meski harus mengendarai motor saat Ramadan 2019.

Senin, 13 Mei 2019 14:15 Editor : Cornelius Candra
Kemacetan Jakarta setelah hujan (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Berkendara selalu menuntut pelakunya untuk selalu fokus dan berkonsentrasi, tak peduli jarak jauh maupun dekat. Kedua faktor tersebut pasti akan berkurang saat puasa Ramadan 2019.

Dengan berkurangnya asupan makanan dan minuman ketika berpuasa, pengemudi akan merasa cepat lelah atau pun mengantuk.

Mengutip dari akun instagram @snailgalleryshop, simak beberapa tips mengendarai motor anti batal puasa saat Ramadan 2019 berikut ini:

Riding saat siang

Bagi Otolovers yang kerap melintasi kemacetan, usahakan untuk berangkat lebih awal. Selain supaya tak terlalu emosi, terik matahari juga bisa dihindari.

Cobalah menggunakan pakaian yang nyaman dan bersirkulasi. Hal ini dilakukan agar Otolovers tidak berkeringat secara berlebih dan berpotensi dehidrasi.

Jika dirasa sudah terlalu lelah, jangan dipaksakan untuk berkendara. Menepi dan berhentilah di area yang teduh, tapi jangan belok ke warteg yang Otolovers.

Riding saat sore

Supaya terhindar dari kemacetan akibat pasar takjil dadakan, Otolovers bisa memilih jalur alternatif yang cenderung sepi dan lancar.

Jika terpaksa untuk berbuka puasa di jalan, menepilah terlebih dahulu di tempat yang aman, seperti minimarket atau pun masjid, siapa tau dapat takjil gratis lho.

Namun, pastikan porsi untuk berbuka puasa tidak berlebih. Berkendara akan terasa tidak nyaman saat perut terlalu kenyang.

Riding saat hujan

Tentu sebagai pengendara motor yang cerdas, Otolovers harus senantiasa menyiapkan jas hujan. Saat berkendara dalam kondisi basah dan dingin, energi cenderung lebih cepat habis.

Hindari menggunakan jas hujan 1-piece atau kelelawar, terlebih untuk motor berpenggerak rantai. Pasalnya, bagian bawah model tersebut bisa tersangkut dan berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Gunakan helm yang dilengkapi dengan visor atau kaca. Pastikan komponen tersebut selalu bersih agar daya pandang tetap aman saat melibas hujan.

Menu sahur

Pilih menu sahur yang berasal olahan gandum, sayuran hijau, dan kacang-kacangan atau bahan lain yang kaya karbohidrat kompleks. Pasalnya, gula dari karbohidrat bisa menambah energi saat berpuasa.

Minumannya Otolovers bisa memilih susu karena bisa memberi rasa kenyang lebih lama. Selain itu, bisa juga menambahkan beberapa suplemen dan vitamin agar tidak lesu saat berpuasa dan berkendara.

Jaga kondisi

Yang terpenting tentu ialah menjaga kesehatan fisik. Lakukan olahraga ringan secara rutin setelah berbuka puasa dan maksimalkan waktu istirahat yang ada.

Otolovers juga harus menghemat energi dengan tidak melakukan manuver ekstrim di kemacetan, tidak tergesa-gesa, dan harus tetap menahan emosi di jalan.

Selain fisik pengendara, kondisi motor tentunya juga harus dijaga. Lakukan servis rutin dan ganti oli secara berkala. Selain hemat energi dan emosi, dana di kantong juga bisa disimpan untuk Idul Fitri 2019 bersama jodoh dan keluarga.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR