HOME » BERITA » TIPS MEMBANGUN BISNIS BENGKEL MOBIL YANG LARIS MANIS

Tips Membangun Bisnis Bengkel Mobil yang Laris Manis

Beberapa tips berikut ini wajib banget kamu perhatikan.

Jum'at, 11 September 2020 10:00 Editor : Iwan Tantomi
(c)Shutterstock

OTOSIA.COM - Ingin memiliki bisnis sendiri? Membangun bengkel mobil bisa jadi salah satu peluang yang bisa dimanfaatkan buat si pecinta otomotif. Bukan hanya menyenangkan karena bisa menjalankan hobi favorit, tetapi juga bisa mendulang pundi-pundi penghasilan.

Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membangun bisnis bengkel mobil. Supaya bisnis bengkel yang kamu rintis bisa laris manis, serta juga ramai pelanggan, beberapa tips berikut ini wajib banget kamu perhatikan.

Dukung dengan Mekanik Profesional

©Shutterstock

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan saat hendak memulai bisnis bengkel mobil adalah menyiapkan mekanik profesional. Jika perlu pilih mekanik bersertifikat yang sudah kaya pengalaman dalam menangani beragam masalah pada mobil. Bukan hanya bisa membuat bisnis bengkel mobil laris manis, tetapi juga bisa memenuhi ekspektasi pelanggan bahkan lebih.

Pelayanan Ramah Nomor Satu

©Shutterstock

Apapun bisnisnya, pelayanan ramah sebaiknya tak boleh dinomorduakan. Begitu halnya dalam menjalankan bisnis bengkel mobil, berikan pelayanan yang bukan hanya profesional tetapi benar-benar ramah kepada para konsumen, lebih-lebih pelanggan. Misalnya, saat konsumen datang sambut dengan ramah.

Jangan lupa, perlakukan mobilnya dengan tepat dan benar, karena biasanya konsumen mengawasi saat mobilnya diperbaiki. Tak kalah penting, hadirkan pelayanan waktu terbaik. Artinya, jika mampu memperbaiki mobil di bengkel secara tepat dan cepat, kenapa mesti mengulur banyak waktu dan tenaga?

Aktif Melakukan Promosi di Medsos dan Komunitas

©Shutterstock

Di era digital seperti sekarang ini, media sosial sebaiknya tak sekadar digunakan untuk seru-seruan saja. Sebaliknya, maksimalkan media sosial untuk promosi bisnismu, termasuk bisnis bengkel mobil. Bangun media sosial untuk bisnis secara profesional. Jika perlu kamu bisa merekrut social media strategist alias admin profesional yang mampu mengoperasikan media sosial secara efektif untuk promosi bisnis.

Selain itu, aktiflah bergabung dengan banyak komunitas otomotif, khususnya mobil. Jika ada waktu, kamu juga bisa ikutan beragam acara seperti gathering maupun touring. Sembali menambah teman baru, promosikan bisnis bengkel mobilmu. Tunjukkan portfolio hingga testimoni para konsumen di komunitas, agar lebih mudah menarik konsumen sampai pelanggan baru.

Sediakan Ruang Tunggu yang Nyaman

©Shutterstock

Tak kalah penting, sediakan ruang tunggu yang nyaman untuk para konsumen di bengkel mobilmu. Pastikan kondisi ruangannya bersih dan wangi. Lebih bagus lagi jika bisa menghadirkan beragam fasilitas penunjang, seperti kafetaria, mesin permainan, hingga kursi pijat elektrik.

Jika fasilitas tersebut dirasa berat untuk dihadirkan karena terbatasnya dana, tenang paling tidak ruangan nyaman dengan AC yang bagus sudah cukup bisa membuat betah pelanggan, saat mereka menunggu mobilnya selesai diperbaiki. Nah, untuk memastikan kondisi AC tetap bagus, kamu juga wajib melakukan perawatan secara berkala, agar kesejukan di ruang tunggu bengkel kamu tetap terjaga.

Intinya, ciptakan sistem pendingin ruangan yang berkualitas dan nyaman untuk bengkel maupun kantor, agar pelanggan betah. Salah satunya dengan menggunakan sistem flexible ducting. Sebagai informasi, flexible ducting merupakan sebuah produk yang digunakan sebagai saluran sistem pendingin udara, baik untuk perkantoran, perumahan, pusat perbelanjaan, termasuk bengkel.

Produk flexible ducting memiliki berat yang ringan dengan bentuk menyerupai tabung dan terbuat dari kumparan kawat logam yang dilapisi aluminium. Menariknya, kamu tak perlu bingung beli di mana, karena flexible ducting bisa kamu dapatkan di PT Polarin Xinindo. Salah satu produk flexible ducting berkualitas yang dijual oleh PT Polarin Xinindo adalah BATAFIAFLEX.

Produk tersebut memiliki beberapa keunggulan, seperti mudah dipotong dan fleksibel. Beratnya juga ringan dan mudah instalasinya. Produk flexible ducting BATAFIAFLEX juga bisa ditekuk dan dibentuk sesuai area pemasangan, bisa dikompresi, serta penyimpanannya tak membutuhkan banyak ruang.

Kerennya, produk flexible ducting BATAFIAFLEX sudah dipakai beragam industri dan perusahaan. Bahkan, rumah sakit, mall, pabrik, kantor, rumah mewah, hingga gedung pemerintah juga sudah menggunakannya lho. Buruan temukan produknya secara lebih lengkap di https://polarin.co.id.

(kly/tmi)