HOME » BERITA » TIPS MENJAGA JOK MOTOR AMAN DARI CAKARAN KUCING

Tips Menjaga Jok Motor Aman dari Cakaran Kucing

Apa saja tipsnya?

Jum'at, 18 Desember 2020 07:33 Editor : Zaki
(c) shutterstock

OTOSIA.COM - Baru saja mengganti jok motor dengan yang baru, tiba-tiba menyadari ada cakaran yang sudah menghiasi dudukan motor kesayangmu. Tapi menghukum kucing yang sudah mencakar barang-barang di sekitarnya bukan cara efektif untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Sebaiknya, pahami dulu alasannya dan jajal beberapa solusi jitu berikut ini.

Alasan Kucing Suka Mencakar

(c) shutterstock

Jangan menganggap kucing mencakar barang-barang di sekitarnya, termasuk jok motor, merupakan aksi kenakalannya. Ada beberapa alasan di balik kebiasaan hewan kesayanganmu itu. Pertama, mencakar merupakan bentuk latihan seluruh tubuh saat kucing meregangkan otot dan tendonnya dari kaki hingga ke punggung.

Selain itu, cara ini membantu mengasah kuku tetap tajam dan memudahkan kucing untuk memanjat atau menggapai barang. Uniknya, mencakar juga jadi salah satu cara untuk menandai wilayah, dengan melepaskan aroma tertentu atau didorong oleh rasa bosan akibat kurang stimulasi.

Sediakan Alternatif

(c) shutterstock

Mencakar sebenarnya merupakan cara kucing memelihara kesehatan dan tetap aktif. Sediakan tempat khusus baginya untuk melakukan kebiasaan tersebut, seperti tiang atau keset khusus yang dirancang untuk mendorong kucing menggosokkan cakarnya dengan lembut. Letakkan di area yang sering ditempati kucing untuk bersantai atau di dekat benda yang sudah dicakarnya.

Luangkan waktu untuk bermain

(c) shutterstock

Kucing menyukai perhatian dari pemiliknya, yang membuatnya menggaruk benda-benda di sekitarnya saat merasa diabaikan atau bosan. Minimalkan kebiasaannya dengan menghabiskan lebih banyak waktu bermain bersama kucing untuk mengatasi kebiasaan mencakar. Selain itu, berikan banyak pujian dan perhatian positif saat kucing menggunakan tiang atau keset garukan untuk membantu meredam perilakunya.

Latih untuk menggunakan alat cakar

(c) shutterstock

Kucing tampak kurang tertarik menggunakan tiang cakarnya? Hindari berteriak atau memarahinya karena bisa bikin kucing makin stres dan terus melakukannya pada barang-barang di sekitarnya. Bujuk dengan lembut dan sabar, misalnya meletakkan mainan yang menggantung atau berikan camilan berupa dry food favoritnya. Letakkan di atas tiang dan berikan pujian saat kucing menemukan kudapannya.

Jangan sembarangan memberikan kudapan untuk kucing, pilih cat food dengan kualitas terbaik seperti Muezza. Terbuat dari bahan alami pilihan, proses pengolahannya menggunakan teknologi modern sehingga mampu menciptakan makanan kucing yang berkualitas. Dikemas dengan aroma dan citarasa lezat, ada 4 varian Muezza yang bisa dipilih seperti Tuna, Mackerel, Salmon dan Ocean Fish.

muezza

Selain membantu pemenuhan nutrisinya, Muezza juga sudah mengantongi sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Ingin membelikan Muezza untuk menjaga kesehatan dan memanjakan hewan peliharaanmu? Tak perlu repot keluar rumah, belanja saja di marketplace seperti Tokopedia dan Shopee untuk semua varian rasanya.

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia

(kpl/mki)

BERI KOMENTAR