HOME » BERITA » TOP SPEED SIRKUIT MOTOGP MANDALIKA AKAN TERCIPTA DI TIKUNGAN 10

Top Speed Sirkuit MotoGP Mandalika Akan Tercipta di Tikungan 10

Jika MotoGP digelar di sirkuit Mandalika Lombok, top speed pembalap akan terjadi di tikungan 10. Kecepatan motor di belokan tersebut bisa mencapai 320 km/jam

Jum'at, 03 September 2021 18:15 Editor : Nazarudin Ray
Top Speed Sirkuit MotoGP Mandalika Akan Tercipta di Tikungan 10
Denah sirkuit Mandalika, Lombok (motorcyclenews.com)

OTOSIA.COM - Gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika, Indonesia, yang sudah lama diharapkan terwujud makin terasa keriuhannya pasca-pengungkapan cerita-cerita yang akan meliputinya.

Satu hal yang bikin penasaran adalah seberapa tinggikah kecepatan yang mungkin diraih di sirkuit yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini.

Direktur Strategi dan Komunikasi Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Happy Harinto menjelaskan bahwa kecepatan ini memang belum bisa disampaikan secara pasti mengingat balapan belum dimulai di sana.

1 dari 3 Halaman

"Jadi estimasti untuk top speed itu di kami belum ada race. Namun, sirkuitnya ini open circuit. Kami sebelumnya sudah pernah bicara dengan Marc Marquez dan Alex Marquez bahwa ini adalah flowing circuit, sirkuitnya mengalir terus, mereka coba tiga lap," ujarnya.

Namun, sirkuit yang secara perdana akan digunakan untuk ajang WSBK sebelum akhirnya MotoGP pada 2022 ini disebutnya memiliki speed track di Tikungan 10.

"Dari sekitar 320 km/jam itu speed track-nya ada di sana. Itu nanti terjadi di Tikungan 10," kata dia.

2 dari 3 Halaman

Tidak hanya menarik untuk menyimak kecepatan maksimum di lintasan tersebut, Happy juga mengungkapkan bahwa momen tersebut juga akan menjadi laboratorium uji coba pada faktor-faktor penting di sepeda motor.

"Ini adalah momen menarik dari Mandalika. Segenap teknologi diterapkan di sana. Dari engine, fairing, sasis, ban, dan yang lain-lain karena gaya G-nya akan banyak sekali," kata dia.

 

3 dari 3 Halaman

Sirkuit Mandalika sendiri disebut sebagai "The Mandalika Street Circuit". Ia menjadi unik sebab merupakan lintasan jalan raya balap kelas MotoGP dan Superbike dengan panjang 4,31 km dan memiliki 17 tikungan.

Secara total, tersedia lebih dari 50.000 tempat duduk bagi penonton untuk menikmati balapan. Jumlah tersebut belum termasuk Non-Seated Area (tribun berdiri) yang diklaim sanggup menampung 138.000 orang.

BERI KOMENTAR