HOME » BERITA » TOURING MOTOR JAKARTA KE INDONESIA TIMUR, BAGAIMANA ATUR ISTIRAHAT?

Touring Motor Jakarta ke Indonesia Timur, Bagaimana Atur Istirahat?

Jum'at, 06 Mei 2016 10:15 Editor : Ahmad Khoirudin
Foto: Nazar Ray

OTOSIA.COM - TVS Indonesia mengadakan ekspedisi jarak jauh dari Pulau Jawa di kawasan Indonesia bagian barat ke kawasan Indonesia Timur. Perjalanan 7.000 km selama hampir dua bulan dengan mudah memunculkan bayangan soal betapa capeknya hal tersebut.

Perjalanan dimulai di Jakarta tanggal 4 Mei, dan finish juga di Jakarta pada 26 Juni 2016 mendatang. Rute yang dilalui adalah Jakarta-Surabaya-Banyuwangi-Bali-Lombok-Komodo-Labuan Bajo-Lembata-Alor-Sumba-Rote-Timor, dan kembali ke Jakarta. Bagaimana cara istirahatnya?

"Untuk kesehatan, kami punya metode untuk tetap fit berkendara selama dua bulan, yakni 3-1. Tiga hari berkendara secara terus-menerus, dan satu hari adalah break," ujar Adi Aghoy, team leader dalam perjalanan bernama Eastcapade Expedition ini.

Saat break itu, ia yang bersama tiga biker lainnya menggunakan model naked terbaru, Apache RTR 200 4V dan Apache RTR 180, ini bisa memanfaatkan satu hari untuk istirahat atau berjalan-jalan.

Namun, dalam sehari, mereka membatasi perjalanan delapan jam, yang kemudian terbagi lagi dengan dua jam perjalanan dan satu jam istirahat.

"Break ini mau istirahat full, mau ngopi-ngopi, atau mau pelesiran, silakan. Maksimal kami berkendara setiap hari di atas kertas adalah 8 jam. Delapan jam ini juga dijeda. Dua jam berkendara, satu jam istirahat, begitu terus. Ada siklus yang kami patuhi karena berkendara tiga hari, satu minggu, dua bulan itu memiliki perbedaan yang signifikan."

(kpl/why/rd)

BERI KOMENTAR