HOME » BERITA » TOURING MOTOR UNTUK PEMULA, PERHATIKAN HAL-HAL INI

Touring Motor untuk Pemula, Perhatikan Hal-hal Ini

Melakukan perjalanan jauh atau touring bagi sebagian bikers atau komunitas merupakan hal yang menyenangkan.

Rabu, 20 Februari 2019 19:45 Editor : Ahmad Muzaki
Ilustrasi touring (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Melakukan perjalanan jauh atau touring bagi sebagian bikers atau komunitas merupakan hal yang menyenangkan. Namun bagaimana jika itu dilakukan oleh pemula yang belum pernah melakukan perjalanan jauh ke luar kota seorang diri atau dalam rombongan kecil?

Nah, untuk yang satu ini Viar memberikan beberapa kiat sederhana. Tapi pada prinsipnya sama saja dengan mereka yang pernah atau sering melakukan touring.

Yang pasti pertama harus dilakukan adalah sebelum perjalanan adalah berdoa

Bagi pemula, atau pertama kali melakukan perjalanan mudik alangkah baiknya banyak bertanya kepada teman-teman yang punya pengalaman mengenai suasana dan keadaan yang akan dilalui nanti.

Tanyakan kapan harus istirahat dan dimana istirahat yang baik. Jangan segan-segan untuk bertanya dan mencari informasi situasi perjalanan dimana saja yang harus diperhatikan dan diwaspadai.

Jika sudah memperoleh informasi yang cukup. Selanjutnya adalah melakukan persiapan sepeda motor, termasuk surat-surat kendaraan.

Pastikan surat-surat kendaraan (STNK) dan SIM masa berlakunya masih lama. Bila masa berlakunya habis akan membuat konsentrasi pengendara terpecah.

Pastikan apakah motor sudah siap jalan jauh, dengan mengecek kondisi mesin, oli, memeriksa kelayakan rem depan dan belakang. Periksa juga kelayakan lampu-lampu, lampu petunjuk dan isyarat.

Periksa kelayakan roda belakang dan depan. Jika sudah tipis segera diganti, karena kita tidak bisa memprediksi cuaca di perjalanan.

Siapkan jas hujan. Usahakan jas hujan celana dan baju. Jangan pakai jas hujan model ponco karena dikhawatirkan pada kondisi macet jas hujan tipe ini berisiko tersangkut kendaraan di sampingnya.

Gunakan pakaian dan jaket yang nyaman dipakai. Jangan memakai jaket yang sempit atau pun terlalu longgar.

Pada saat perjalanan pastikan badan dalam keadaan sehat atau fit. Jangan paksa diri Anda untuk terus berkendara karena ingin cepat sampai di tujuan. Istirahatlah di tempat yang teduh dan aman.

Pergunakan waktu istirahat semaksimal mungkin sehingga kemampuan tubuh kembali fit. Tapi ingat, jangan istirahat terlalu lama karena akan merusak ritme berkendara. Bila terlalu lama membuat mata jadi mudah terpejam.

Istirahatlah beberapa kali dalam satu perjalanan bila perlu, sehingga badan tidak terlalu lelah dan pikiran tidak terlalu jenuh.

Taati peraturan lalu lintas atau road safety. Tetap menyalakan lampu kendaraan pada siang atau malam hari. Selanjutnya hindari membawa barang berlebihan, ataupun menaruh secara berlebihan di bagian depan dekat stang , karena akan mempengaruhi manuver dan keseimbangan motor.

Berikutnya jangan memaksa kemampuan kiri dan kendaraan motor di atas kemampuan rata-rata yang direkomendasikan.

Yang tak kalah penting, jangan mudah terbawa emosi terhadap pengendara lain sehingga terlihat seperti orang balapan dengan pemotor lain di jalan.

Isi bensin kembali di SPBU terdekat walaupun kondisi penunjuk bensin berada di posisi seperempat mendekati habis, karena kita tidak tahu seberapa jauh lagi pom bensin di depan kita

"Buat perjalanan jauh pertama Anda sebagai perjalanan 'seolah-olah' rekreasi yang menyenangkan sehingga badan dan pikiran akan selalu rileks," imbuh pihak Viar.

(kpl/nzr/ahm)

BERI KOMENTAR