HOME » BERITA » TOURING PAKAI MOTOR SPORT? PERIKSA 5 BAGIAN INI

Touring Pakai Motor Sport? Periksa 5 Bagian Ini

Sebelum melakukan touring ada baiknya memeriksa motor yang akan digunakan. Supaya bisa mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan.

Kamis, 10 Mei 2018 21:15 Editor : Dini Arining Tyas
Foto ilustrasi by Liputan6.com

OTOSIA.COM - Sebelum melakukan touring ada baiknya memeriksa motor yang akan digunakan. Supaya bisa mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan.

Misalnya saja, saat akan menggunakan motor sport untuk touring, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya memeriksa 5 bagian motor, seperti yang dilansir welovehonda, apa saja?

1. Hampir semua sepeda motor sport memiliki posisi silinder yang vertikal atau cenderung tegak, jika dibandingkan dengan bebek atau skutik.

Ini yang membuat sang penunggang harus memberikan perhatian lebih pada oli. Aliran oli harus lancar agar mampu melumasi silinder dengan sempurna.

2. Karena penggunaan kopling pada motor sport adalah manual, jadi pastikan kampas kopling lancar dan tidak tersendat.

Termasuk untuk kabel kopling juga perlu diperiksa. Apabila terasa serat, segera periksa dan lakukan perawatan.

3. Pastikan cairan pendingin, radiator, dalam kondisi sehat agar terhindar dari kejadian overheat dalam perjalanan.

4. Jangan lupa cek komstir. Biasanya setelan pabrikan agak berat, jadi agar riding lebih nyaman silahkan sesuaikan setelah dengan keinginan sang pengendara sesuai dengan tingkat kenyamanan.

5. Lengan ayun pada motor sport sering menjadi masalah utama. Cek bagian ini, dan pastikan tidak ada goyang agar kendali ketika menikung tetap stabil.

Arm relay dari rangka juga perlu diperhatikan juga. Pastikan kondisinya masih stabil.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR