HOME » BERITA » TOYOTA AKAN BERBAGI TEKNOLOGI HYBRID GRATIS

Toyota Akan Berbagi Teknologi Hybrid Gratis

Pada tahun 2014, bos Tesla Elon Musk pernah memberikan akses bebas kepada produsen mobil untuk mengakses teknologi mereka. Kini hal serupa tengah dilakukan oleh Toyota, yang berbagi teknologi hybrid secara gratis.

Kamis, 04 April 2019 20:15 Editor : Dini Arining Tyas
Toyota Prius (Autoevolution)

OTOSIA.COM - Teknologi mobil hybrid terus berkembang, apalagi semakin dekat dengan era listrik. Masih ingat soal mobil hybrid pertama?

Melansir Autoevolution, menurut sejarah adalah Jacob Lohner - FDerdinand Porsche yang mengawali keberadaan teknologi hybrid di awal abad 20. Tapi di sisi lain, mobil hybrid diawali oleh Toyota Prius.

Sejak akhir 1990an, di saaat tak ada yang percaya soal teknologi hybrid, pabrikan Jepang itu mulai memproduksi mobil hybrid. Dan sejak bertahun-tahun berlalu, Toyota dikabarkan akan membagikan teknologi hybridnya itu secara gratis.

Hal itu diumumkan belum lama ini. Akan ada sekitar 24.000 teknologi paten milik Toyota yang berhubungan dengan teknologi elektrifikasi. Tak hanya yang sudah terpakai, tapi juga yang berstatus pending.

Selain memberikan akses bebas, Toyota juga akan memberikan dukungan teknis gratis untuk para produsen mobil yang berminat menggunakan motor listrik, baterai, PCU yang bersumber dari Toyota, untuk mengendalikan ECU mobil mereka sendiri.

"Berdasarkan data tingginya volume riset soal kendaraan listrik, kami menyadari perlunya mempopulerkan tenologi kendaraan hybrid dan lainnya. Kami percaya bahwa sekarang adalah waktu untuk kerja sama. Jika jumlah kendaraan listrik naik signifikan dalam 10 tahun ke depan, kami berharap bisa berperan dalam mendukung proses itu," ujar Toyota Vice President, Shigeki Terashi.

Ide Toyota ini bukanlah hal baru. Sebelumnya, Elon Musk si bos Tesla juga melakukan hal yang sama pada tahun 2014.

"Semua paten kami adalah milik anda," ujarnya saat itu.

Dan kini, bukan lagi soal bagaimana Musk berhasil memengaruhi industri saat ini. Tapi, bagaimana Toyota yang akan memengaruhi industru di masa depan.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR