HOME » BERITA » ILUSTRASI TAMPANG TOYOTA AVANZA DAN DAIHATSU XENIA TERBARU, MIRIP SUV?

Ilustrasi Tampang Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Terbaru, Mirip SUV?

Setelah sebelumnya tersebar render tampilan belakang All New Avanza, baru-baru ini muncul gambar rekayasa tampang depannya.

Kamis, 07 Oktober 2021 18:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Ilustrasi Tampang Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Terbaru, Mirip SUV?
Sisi Depan render All New Avanza (Instagram/@bagasatriakbar)

OTOSIA.COM - Rasa ingin tahu pecinta otomotif terhadap perubahan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia cukup tinggi. Maklum saja, julukan mobil sejuta umat sudah melekat kepada keduanya dan sejak tahun 2005 belum ada perubahan signifikan.

Rasa penasaran tersebut kemudian memunculkan banyak rekayasa virtual atau render yang menggambarkan desain tampilan terbarunya kelak.

1 dari 5 Halaman

Sebagai contoh adalah kreasi render pemilik akun Instagram @bagasatriakbar. Akun tersebut sempat menggunggah gambar perkiraan tampilan sisi belakang All New Avanza-Xenia di bulan Mei 2021 lalu.

Kini beredar di dunia maya render desain tampilan depan Avanza-Xenia. Meski masih membawa bahasa desain dari render sebelumnya, wajah baru dua LMPV kembar ini mengarah pada bentuk SUV.

2 dari 5 Halaman

Tampang depan gagah

Render All New Avanza (Instagram/@bagasatriakbar)

Dalam postingan tersebut, tampilan depannya mengambil konsep dari bahasa desain model Toyota teranyar. Artinya fascia depan disematkan grille bentuk trapesium besar di tengah bumper, dipadu dengan housing lampu kabut tegas di sisi kiri dan kanan bumper.

Selain itu bentuk lampu depan makin pipih, namun masih menggunakan lampu LED multi-reflector, mengingat Avanza dan Xenia saat ini sudah menggunakan teknologi pencahayaan tersebut.

3 dari 5 Halaman

Sementara di sisi samping kini nampak tarikan garis dari lampu depan yang menyambung ke lampu belakang, membuat tampang All New Avanza dan Xenia lebih tegas. Ada juga penggunaan pelek two tone lima palang yang, menurut akun @bagasatriakbar, bisa mempunyai corak dan dimensi yang berbeda.

"Untuk velg kemungkinan besar ukuran dan desainnya berbeda, apalagi kebanyakan tipe tertinggi Toyota menggunakan finishing dual tone," tulis @bagasatriakbar.

4 dari 5 Halaman

Beradu segmen dengan Rush

Render sisi belakang All New Avanza (Instagram/@bagasatriakbar)

Lantaran perkiraan wujud duet mobil sejuta umat ini mirip SUV, ada yang menebak-nebak kalau Avanza-Xenia terbaru nanti bisa masuk ke segmen LSUV, seperti Toyota Rush atau Daihatsu Terios. Namun menurut akun @bagasatriakbar, Avanza-Xenia masih tetap diposisikan dalam kategori LMPV.

Alasannya adalah penggunaan penggerak roda depan. Pasalnya, kedua LMPV ini digadang-gadang akan mengusung penggerak roda depan, berganti dari rear wheel drive (RWD). Hal ini membuat kedua mobil tersebut lebih cocok masuk kelas LMPV.

5 dari 5 Halaman

"Bagi kalian yang mencari Toyota dengan penggerak roda belakang bisa memilih Toyota Rush, sedangkan yang mencari LMPV dengan tampilan yang menarik dan fitur yang cukup memadai, mungkin All New Avanza bisa menjadi jawabannya," tutup pemilik akun tersebut.

BERI KOMENTAR