HOME » BERITA » TOYOTA AVANZA TERBARU VS ALL NEW HONDA BR-V, LEBIH KOMPLET MANA?

Toyota Avanza Terbaru Vs All New Honda BR-V, Lebih Komplet Mana?

Sebelum Tampang baru Toyota Avanza bocor, Honda lebih dulu meluncurkan All New BR-V. Apa saja bedanya?

Sabtu, 23 Oktober 2021 20:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Toyota Avanza Terbaru Vs All New Honda BR-V, Lebih Komplet Mana?
Toyota Avanza dan Honda BR-V (Facebook/Anak Motor Indonesia, HPM)

OTOSIA.COM - Baru-baru ini tampang baru Toyota Avanza bocor di media sosial. Lantaran disebut All New, mobil itu terlihat berbeda dari versi sebelumnya, bisa dibilang paduan SUV.

Sama seperti Toyota Avanza, beberapa waktu lalu ada mobil lain yang diketahui berubah model. Mobil tersebut adalah Honda BR-V dan meluncur pada 21 September 2021 lalu.

Kedua mobil ini menawarkan hal yang baru, mulai dari luar dan dalam. Bahkan masing-masing merek diketahui menyodorkan berbagai fitur canggih yang selama ini absen di mobil-mobil kelas menengah ke-bawah.

Jika dikomparasikan, mana lebih baik, Toyota Avanza terbaru atau All New Honda BR-V?

1 dari 6 Halaman

Eksterior

Sisi belakang Toyota Avanza dan Honda BR-V  (Facebook/Anak Motor Indonesia, HPM)

Mulai dari luar. Secara eksterior kedua mobil ini memiliki bahasa desainnya masing-masing. Toyota Avanza terbaru ini bisa dikategorikan sebagai LSUV. Tampang barunya jauh lebih bulky dibanding sebelumnya, bahkan sampai mengusung grille besar seperti mobil-mobil Toyota di Amerika Serikat.

Tidak hanya tampang barunya yang mencolok, namun fitur yang disematkanpun cukup mumpuni. All New Avanza ini diketahui menggunakan lampu depan dan belakang LED, pelek berukuran 17 inci dengan 5 baut, serta akses masuk key less entry.

Di sisi lain Honda BR-V sudah dirancang dari awal sebagai LSUV. Mobil itu memiliki tampilan proper di mana desain bagian depan dan belakang lebih menyatu. Selayaknya mobil SUV, BR-V terbaru ini sudah dilengkapi over fender di bagain roda dan under guard di bumper depan dan belakang.

 

2 dari 6 Halaman

Interior

Interior Honda BR-V dan Toyota Avanza  (Facebook/Anak Motor Indonesia, HPM)

Untuk interior, All New Toyota Avanza bisa dibilang sedikit lebih unik dibandingkan Honda BR-V. Meski memilki beberapa common parts dari Toyota Raize, desain kabin dari Avanza ini tidak sama dengan model-model Toyota lainnya.

Fiturnya pun tergolong cukup lengkap. Berdasarkan bocoran yang beredar, interior Toyota Avanza tebaru telah dilengkapi head unit floating, jok kulit, ada panel-panel soft touch, tersedia wireless charging dan AC kombinasi digital dan putar kenob. 

3 dari 6 Halaman

Sementara interior dari BR-V, bisa ditemukan pada model Honda lain. Mobil yang dimaksud adalah Honda Amaze. Sedan kecil ini pada dasarnya adalah Honda Brio dengan bentuk sedan dan hanya dijual di India. Jika interior BR-V terbaru dan Amaze dijajarkan, keduanya nampak mirip.

Hanya saja Honda tetap memberikan banyak fitur pada mobil ini, mulai dari walkaway auto door lock, sistem remote engine start, dan head unit dengan konektivitas Apple Car Play dan Android Auto.

4 dari 6 Halaman

Fitur Keselamatan

Honda Sensing (HPM)

Fitur keselamatan pada kedua mobil ini adalah bagian yang paling banyak menerima rombakan. All New Toyota Avanza diketahui dilengkapi 6 airbags dan teknologi Toyota Safety Sense (TSS).

Dengan demikian mobil kelas LMPV ini sudah mempunyai peranti seperti Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Departure Warning (LDW), Lane Keep Assist (LKA), Collision Mitigation Braking System (CMBS), Blind Spot Monitoring (BSM), dan Auto High Beam.

Sedangkan Honda BR-V sudah disematkan Honda Sensing, sebuah fitur keselamatan yang tidak jauh berbeda dengan TSS di atas.

Namun, khusus pada BR-V, Honda menyematkan Honda Lane Watch yang membantu pengemudi saat berpindah jalur. Menariknya Honda CR-V dengan banderol yang lebih mahal, belum dilengkapi fitur ini.

 

5 dari 6 Halaman

Performa dan Harga

NJKB Honda BR-V dan Toyota Avanza (Kemendagri)

Untuk performa Toyota Avanza masih menjadi tanda tanya. Mobil itu diketahui mengusung mesin 1.300cc dan 1.500cc. Belum jelas apakah menggunakan mesin baru atau memboyong jantung pacu yang dipakai saat ini.

Selain itu, mobil ini dikabarkan akan menggunakan penggerak roda depan atau Front Wheel Drive (FWD). Yang pasti adalah penggunaan transmisi CVT, sebab deskripsi tersebut tertulis pada Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Kemendagri. 

 

 

6 dari 6 Halaman

Sementara untuk All New Honda BR-V kemungkinan besar akan menggunakan mesin 1.500cc DOHC bawaan dari Honda City hatchback. Berdasarkan situs honda-indonesia.com, mesin tersebut mempunyai output sebesar 121 PS dengan torsi 145 Nm.

Harga kedua mobil ini masih mengacu pada NJKB dari Kemendagri. Tercatat Toyota Avanza terbaru dengan nilai jual Rp 227 juta. Sedangkan Honda BR-V dibanderol Rp 217 juta. Meski kedua harga ini belum resmi, boleh jadi harga resminya tidak tidak jauh berbeda.

BERI KOMENTAR