HOME » BERITA » TOYOTA CALYA FACELIFT DIKHAWATIRKAN GIGIT AVANZA GARA-GARA FITUR BARU

Toyota Calya Facelift Dikhawatirkan Gigit Avanza Gara-Gara Fitur Baru

Fitur baru nan modern pada Calya 2019 menyamai apa yang sudah ada di kakak sang low MPV, yakni Avanza

Rabu, 18 September 2019 15:45 Editor : Ahmad Muzaki
Toyota Calya Facelift Dikhawatirkan Gigit Avanza Gara-Gara Fitur Baru
New Calya (Otosia.vom/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - LCGC Calya facelift hadir dengan beberapa ubahan, termasuk sejumlah penambahan fitur. Satu di antaranya adalah penggunaan lampu LED sehingga ia tampil modern.

Permasalahannya, fitur baru nan modern ini menyamai apa yang sudah ada di kakak sang low MPV, yakni Avanza. Jika dulu penyuka MPV Toyota kelas entry level yang ingin tampil modern dengan LED lantas memilih Avanza, kini mereka bisa juga cukup membeli Calya.

Oleh karenanya, kekhawatiran awal dari pandangan ini adalah terjadi kanibalisasi pasar antara Calya 2019 dan Avanza.

Pihak Toyota Astra Motor (TAM) lantas memberikan tanggapan. Menurutnya, Calya 2019 dan Avanza memang kini memiliki kesamaan fitur.

"Sekalipun sama-sama LED, tetapi ada fitur yang khas. Avanza kan 1.300 cc dan 1.500 cc sementara Calya 1.200 cc. Ground clearence satu sama lain juga berbeda," ujar Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran TAM.

1 dari 1 Halaman

Untuk Tambah Pilihan Mobil

Toyota Calya Facelift Dikhawatirkan Gigit Avanza Gara-Gara Fitur BaruUntuk Tambah Pilihan Mobil

Dengan sudut pandang ini, ia memandang bahwa bagaimanapun customer Avanza diharapkan tetap setia pada Avanza, dan begitu dengan customer Calya.

Di sisi lain, Yoshihiro Nakata, Presiden Direktur TAM memandang kalau kemunculan Calya 2019 justru menyuguhkan solusi tersendiri.

"(Di Toyota) pada segmen MPV, ada Calya, ada Avanza, dan di atasnya ada Innova. Ciri masing-masing istimewa dan khas, maka tidak akan ada kanibalisasi. Malah saya memandang positif bahwa adanya Calya ini memberikan solusi bagi costumer yang beraneka ragam," ujarnya.

BERI KOMENTAR