HOME » BERITA » TOYOTA COROLLA CEPER, ANTIK DAN BERGAYA NYENTRIK

Toyota Corolla Ceper, Antik dan Bergaya Nyentrik

Selasa, 09 September 2014 15:15

Klik tombol < > untuk halaman berikutnya
   
Toyota Corolla Ceper, Antik dan Bergaya Nyentrik
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - 'Back to original', tema ini menjadi pilihan M Noor Handrisyah atau yang akrab dipanggil Handries dalam memodifikasi mobil retro miliknya, Toyota Corolla 1975. Kisah penyelamatan mobil jadul ini cukup menarik dan berliku. Pasalnya, mobil yang dipinang dalam kondisi cukup memprihatinkan harus direstorasi secara menyeluruh. Beberapa komponen telah lapuk dimakan usia. Cukup banyak komponen yang harus diganti karena sudah tak layak.

"Awal nemu ini mobil karatnya parah, beberapa komponen enggak bisa diselamatkan. Mau enggak mau harus diganti, jadi sekalian dimodifikasi sajalah," ungkap saat ditemui pada ajang MGK Autozone di Kemayoran, Minggu (7/9).

Demi mempertahankan keaslian gaya mobil tersebut, bagian interior tak banyak diotak-atik. Tengok saja bagian dalam tunggangan yang punya nuansa klasik. "Cuma ganti kulitnya aja, soalnya sudah rusak parah interiornya," ungkap pria yang menjabat sebagai bendahara di Regen Auto Club.

Ceper menjadi pilihan Handries agar tampil lebih gaya, selain itu perangkat audio lengkap disematkan mobilnya menjadi lebih hidup. Bagasi Corolla jadul yang cukup besar dimanfaatkan untuk meletakkan perangkat audio. Agar terlihat rapi, audio diletakkan pada boks yang didesain sedemikian rupa.

Kaki-kaki dan mesin menjadi bagian yang paling sulit untuk direstorasi. Kerusakan kaki-kaki yang cukup parah, memaksa Handries untuk bekerja keras merestorasinya. Begitu juga pada mesin, perlakuan yang sama terjadi pada ruang pacu mobil jadul ini. Tak jarang terjadi penggantian komponen. Agar performa meningkat Handries pun menyematkan beberapa peranti penunjang.

Restorasi body terlihat cukup apik, sapuan warna hijau jeruk mempertajam penampilan mobil keluaran tahun 1975 ini.

Namun tampilan original tetap dipertahankan Handries dengan hanya mengganti kulit di seluruh bagian. Untuk Audio, perangkat lengkap disematkan agar kualitas suara yang dihasilkan mumpuni. Bagasi pun menjadi pilihannya untuk meletakkan perangkat audio.

Melihat kerusakan pada kaki-kaki yang cukup parah, Handries terpaksa harus mengganti beberapa komponen. Velg Watanabe menjadi pilihannya karena memiliki desain yang selaras dengan penampilan mobilnya.

Sementara agar performa meningkat, peningkatan kapasitas mesin dilakukan Handries. Sebelum melakukan peningkatan, beberapa komponen mesin harus diganti. Karena sulitnya mencari komponen mobil retro ini, Ia pun harus mengkanibal dari mobil lain atau mengadopsi komponen racing.(kpl/fid/rd)






APA PENDAPAT ANDA ?

2017-5-23
detail-paging

BERITA POPULER