HOME » BERITA » TOYOTA DAN SUZUKI BAKAL LAHIRKAN SUV BARU UNTUK TANTANG KIA DAN HYUNDAI

Toyota dan Suzuki Bakal Lahirkan SUV Baru untuk Tantang Kia dan Hyundai

Setelah saling melakukan rebadge, Toyota dan Suzuki akan benar-benar melahirkan kendarann baru. Mobil baru itu akan dipasarkan di India untuk mengisi segmen mid-size SUV.

Sabtu, 05 Desember 2020 17:15 Editor : Dini Arining Tyas
Toyota dan Suzuki Bakal Lahirkan SUV Baru untuk Tantang Kia dan Hyundai
Suzuki Across PHEV 2021 berbasis Toyota RAV4 PHEV (Carscoops)

OTOSIA.COM - Suzuki dan Toyota sudah menjalin kerja sama untuk berbagi platform dan teknologi. Sudah ada beberapa mobil hasil berbagi itu yang dijual di India dan Eropa.

Sebut saja si kembar Suzuki Baleno-Toyota Glanza, Suzuki Vitara Brezza-Toyota Urban Cruiser, atau Toyota RAV-4-Suzuki Across. Kini keduanya akan membuat mid-size SUV yang benar-benar baru.

Diketahui dua raksasa Jepang itu memang belum ikut meramaikan pasar mid-size SUV di India. Sehingga kerja sama ini diharapkan bisa untuk bersaing dengan pabrikan lain yang lebih dulu populer di segmen tersebut, seperti Kia dan Hyunda, serta MG Motor.

1 dari 2 Halaman

Platform TNGA

Toyota dan Suzuki Bakal Lahirkan SUV Baru untuk Tantang Kia dan HyundaiPlatform TNGA

Dengan begitu, mid-size SUV ini akan menjadi mobil baru pertama dari kerja sama mereka di India. Dilansir dari Carto1q, mobil itu akan diproduksi di pabrik Toyota di Bidadi mulai tahun 2022.

SUV itu dilaporkan akan memiliki panjang 4,3 meter dan menggunakan platform TNGA. Mobil dengan status all-new itu akan tersedia dalam dua iterasi, yang mana masing-masing akan dijual melalui jaringan diler Maruti Suzuki dan Toyota.

2 dari 2 Halaman

Mesin Suzuki K-Series

Meski dua iterasi itu akan berbagi platform, akan ada desain yang sengaja dibuat unutk membedakan keduanya. Suzuki dan Toyota memastikan bahwa masing-masing mobil itu akan memiliki karakter berbeda. Sedangkan fitur, tampaknya akan sama.

Keduanya tak dibekali mesin diesel. Hanya ada pilihan mesin bensin K-Series, 1.5L. Namun ada kemungkinan adanya pilihan mesin turbo.

BERI KOMENTAR