HOME » BERITA » TOYOTA ETIOS SEDAN AKHIRNYA MASUK INDONESIA

Toyota Etios Sedan Akhirnya Masuk Indonesia

Sabtu, 18 Mei 2013 10:45

Toyota Etios Sedan Akhirnya Masuk Indonesia
Toyota Etios Sedan ala taksi
Editor : Alvin

Otosia.com - Toyota Etios sedan akhirnya terdaftar dan memperoleh izin masuk ke Indonesia. Hal ini terbaca dari catatan Tanda Pendaftaran Tipe dari Kementerian Perindustrian. Hal ini pun dengan segera mengonfirmasi kabar sebelumnya bahwa hanya Valco atau hatchback-nya yang akan dipasarkan sebagai mobil penumpang di Indonesia.

Toyota Etios sedan itu sendiri didaftarkan atas nama PT Toyota Astra Motor. Dengan informasi sedan berkapasitas mesin 1.500 cc dan transmisi manual (Toyota Etios Sedan1.5 M/T) pada Jumat, 17 Mei 2013. Statusnya masih 'proses'.

Tanda bukti Toyota Etios Sedan

Informasi terakhir sendiri menunjukkan bahwa Toyota Astra Motor tidak menutup kemungkinan mendatangkan sedan tersebut walaupun bukan untuk kendaraan pribadi, melainkan sebagai taksi.

Soal ini, pembaca Otosia Iswahyudi Hanafiah sejak jauh hari sudah memberikan desain revisi terhadap mobil yang dipasarkan di Indonesia. Saat itu ia punya pendapat soal Toyota Etios versi sedan sebagai taksi.

Iswahyudi kala itu melalui gambarnya sudah coba mewanti-wanti bahwa di Brazil, mobil ini tidak laku sebagai kendaraan pribadi dan malah dijadikan taksi.

"Di Brazil tidak begitu diminati karena bentuk mobil ini yang sangat sederhana dibandingkan dengan kompetitor. Namun bukan Toyota kalau tidak pintar dalam mengambil celah pemasaran. Untuk menaikkan penjualan Toyota Etios, justru Toyota memberikan varian Etios Taksi dalam wujud sedan," demikian ungkap desainer grafis serta doyan fotografi ini melalui situsnya autonetmagz.com, yang mengutip Noticias Automotivas Brazil.

Toyota Etios Sedan

Iswahyudi pun sepakat bahwa walaupun kurang diminati karena bentuknya, Toyota Etios unggul dalam hal kapasitas bagasi yang mencapai 562 liter. Untuk membuatnya sedikit akrab dan merakyat, ia pun coba mengalih-desainkan tampilan taksi Etios tersebut menjadi kendaraan umum personal yang biasa beredar dan dipakai oleh konsumen di Indonesia, khususnya di beberapa kota besar dan DKI Jakarta.

Padu padan warna bodi hingga pelat nomor, bahkan sampai ke lekuk tubuh Etios sedan ini lues alias cocok sebagai taksi. Hal ini terutama karena desain sedan itu yang sederhana.

Kesederhanaan dan keluesan itu pun ditingkahi melalui pemilihan warna. Handel pintu misalnya dibikin jadi hitam supaya seragam dengan list bodi hingga tepian kaca-kaca dan grill. Lalu velg yang dipilihkan, atau mungkin cuma dop roda, punya desain yang juga sederhana.

Soal ukuran, Etios sedan punya panjang 4.265 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.510 mm dan dengannya memiliki kapasitas kabin yang mumpuni. Mesinnya pun 4-silinder, 16 Valve DOHC berkapasitas 1.197 cc, alias mesin yang cenderung hemat. Jadi, Toyota Etios siap jadi taksi, atau alternatif sedan menjelang LCGC?(kpl/why/vin)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-5-3
detail

BERITA POPULER