HOME » BERITA » TOYOTA FORTUNER DAN MITSUBISHI PAJERO SPORT SALING SIKUT, MANA YANG PALING LARIS?

Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport Saling Sikut, Mana yang Paling Laris?

Di segmen SUV ladder frame, Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport terus bersaing. Begini penjualannya di bulan Agustus 2021.

Rabu, 22 September 2021 09:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport Saling Sikut, Mana yang Paling Laris?
Toyota Fortuner (TAM)

OTOSIA.COM - Pasar Sport Utility Vehicle atau SUV terus tumbuh dalam beberapa tahun terakhir di Indonesia. Tersedia dalam beragam pilihan dengan bodi gagah dipadu dengan ground clearance yang tinggi menjadi kombinasi yang menggoda untuk dimiliki.

Mobil SUV di Indonesia terbagi menjadi tiga kelas, yakni LSUV, SUV monocoque, dan SUV ladder frame. Kategori yang terakhir saat ini diisi oleh Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

1 dari 4 Halaman

Persaingan ketat di antara kedua SUV bongsor itu terlihat langsung pada data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) di bulan Agustus 2021. Hasil penjualan keduanya cukup dekat.

Berdasarkan data tersebut, Toyota Fortuner mencatat hasil penjualan yang lebih banyak. SUV ini terjual sebanyak 2.944 unit. Model yang paling diminati adalah Fortuner 2.7 SRZ GR Sport dengan capaian 1.445 unit.

Sementara Mitsubishi Pajero Sport menempel ketat Toyota Fortuner. SUV berlogo tiga berlian itu tercatat terjual 2.156 unit di bulan Agustus 2021, dengan model terlaris DAKAR yang sukses terjual 1.664 unit.

2 dari 4 Halaman

Diesel dan 4WD

Mitsubishi Pajero Sport (MMKSI)

Jika Toyota Fortuner lebih laku secara keseluruhan, maka Mitsubihsi Pajero Sport lebih laris untuk kategori mesin diesel. Angka 2.156 unit tersebut merupakan hasil penjualan seluruh model Pajero Sport yang bermesin diesel.

Di sisi lain jumlah total penjualan Toyota Fortuner bermesin diesel hanya mencapai 1.499 unit, jauh dibandingkan pencapaian Pajero Sport. Namun wholesales Fortuner didongkrak kuat oleh model bermesin bensin 2.7 GR Sport yang laku 1.445 unit.

3 dari 4 Halaman

Sementara model penggerak roda 4x4 (4WD) dikuasai oleh Mitsubishi Pajero Sport. Kedua varian paling laris adalah  DAKAR Ultimate 4x4 dan GLX 5MT 4x4. Masing-masing mencatat penjualan sebanyak 245 unit dan 105 unit. Artinya seluruh varian 4WD Pajero Sport terjual sebanyak 350 unit.

Sedangkan Toyota Fortuner 4WD hanya laku 14 unit dengan varian paling laku adalah VRZ 2.4 A/T 4x4 DSL yang mecatat penjualan 13 unit. Meski Pajero Sport merajai model 4WD, hal itu belum cukup untuk mengalahkan wholesales Fortuner secara keseluruhan.

4 dari 4 Halaman

Data Gaikindo

Berikut adalah daftar penjualan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport berdasarkan data Gaikindo bulan Agustus 2021:

SUV

Jumlah

Toyota Fortuner

2.944 unit

Mitsubishi Pajero Sport

2.156 unit

BERI KOMENTAR