HOME » BERITA » TOYOTA GR YARIS 'JUNIOR' INI BERMESIN KAWASAKI NINJA ZX-14R

Toyota GR Yaris 'Junior' ini Bermesin Kawasaki Ninja ZX-14R

Kecil-kecil cabe rawit, mobil mungil Toyota iQ diberi tampang GR Yaris dan dibenamkan jantung pacu dari Kawasaki Ninja ZX-14R. Begini rinciannya.

Kamis, 23 Desember 2021 15:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Toyota GR Yaris 'Junior' ini Bermesin Kawasaki Ninja ZX-14R
Toyota iQ bertampang GR Yaris (Twitter/@ZR250Aniki)

OTOSIA.COM - Selain membuat mobil penumpang, Toyota juga dikenal sebagai salah satu produsen mobil sports. Yang terbaru adalah Toyota GR Yaris, sebuah hatchback berjiwa reli dengan performa buas.

Mobil tersebut mengusung mesin 1.600cc 3 silinder turbo dengan letupan tenaga 261 hp dan torsi puncak 360 Nm. Seluruh daya pacu mesin itu disalurkan ke seluruh empat roda (4WD) melalui transmisi manual 6 percepatan.

Tidak hanya itu, tampilan GR Yaris juga didesain lebih agresif. Bahkan Toyota merancang ulang bodi mobil itu menjadi dua pintu.

1 dari 5 Halaman

Toyota GR Yaris Junior

Interior Toyota GR Yaris Junior (Twitter/@11hachiroku)

Dengan tingginya hype dan permintaan akan mobil itu, beberapa pihak kemudian membuat kustom mobil yang terinspirasi dari mobil tersebut.

Salah satu yang terunik adalah hasil karya pemilik akun Twitter @ZR250Aniki. Ia bersama rekan-rekannya  membuat Toyota GR Yaris 'Junior'.

Basis dari proyek ini menggunakan mobil Toyota iQ, sebuah mobil mikro dengan dimensi kurang lebih mirip dengan Wuling Hongguang Mini EV. Perubahan pada mobil itu tidak sebatas kosmetik, namun juga meningkatkan performanya.

2 dari 5 Halaman

Secara eksterior, tampilan Toyota iQ ini mengadopsi rupa GR Yaris dari depan hingga belakang, termasuk lampu-lampunya. Sementara ruang roda mobil itu ditempelkan over fender besar untuk menampung pelek dan ban yang lebih besar.

Bagian interior mobil itu juga menerima rombakan besar, seperti penggunaan speedometer khusus, setir tiga palang bermerek MOMO, sepasang kursi bucket merek BRIDE, dan tuas transmisi sequential ala-ala mobil balap.

3 dari 5 Halaman

Mesin Ninja ZX-14R

Sisi belakang Toyota GR Yaris Junior (Twitter/@11hachiroku)

Yang menarik, mereka menghilangkan kursi belakang Toyota iQ untuk dibenamkan jantung pacu baru yang dicomot dari mesin Kawasaki Ninja ZX-14R.

Akun itu tidak mengungkap berapa performa yang dihasilkan. Namun secara standar, mesin 1.441cc empat silinder 16 valve itu menyemburkan tenaga 208 hp dengan torsi 154 Nm. 

4 dari 5 Halaman

Sedangkan transmisi yang digunakan, kemungkinan besar juga berasal dari motor tersebut, yakni transmisi manual sequential 6 percepatan.

Sebagai komparasi, mesin Toyota iQ standar paling kuat adalah 1.300cc 1NR-FE dengan output 97 hp dan torsi 120 Nm. Unit ini juga ditemukan pada Daihatsu Sirion generasi kedua di Indonesia.

5 dari 5 Halaman

BERI KOMENTAR