HOME » BERITA » TOYOTA GR YARIS TERCIDUK SEDANG 'JALAN-JALAN' DI YOGYAKARTA

Toyota GR Yaris Terciduk Sedang 'Jalan-jalan' di Yogyakarta

Setelah sebelumnya kepergok tes jalan, kini satu Toyota GR Yaris minim kamuflase ditemukan sedang berada di jalanan Yogyakarta.

Kamis, 14 Oktober 2021 13:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Toyota GR Yaris Terciduk Sedang 'Jalan-jalan' di Yogyakarta
Penampakan Toyota GR Yaris di Yogyakarta (Instagram/@drm.garage)

OTOSIA.COM - PT Toyota Astra Motor (TAM) tengah menyiapkan Gazoo Racing (GR) Yaris. Mobil tersebut saat ini sedang melakukan homologasi atau penyesuaian dengan kondisi pasar.

Sebelumnya sempat terpotret GR Yaris sedang pengetesan jalan. Foto hatchback beraura reli itu pertama kali diunggah oleh akun Instagram @sid_jawas, Jumat (28/5/2021). Pada saat itu, Toyota GR Yaris masih ditutupi warna kamuflase sehingga detail-detail mobil minim terungkap.

Tapi belum lama, lagi-lagi, Toyota GR Yaris kepergok lagi sedang uji jalan. Mobil itu terekam pada Instagram story akun @drm.garage, Selasa (12/10/2021). Meski belum dikonfirmasi oleh pemilik akun, diduga kuat lokasi rekaman tersebut berada di Jl. Jend, Sudirman, Yogyakarta.

1 dari 3 Halaman

Minim kamuflase

Sisi belakang Toyota GR Yaris di Yogyakarta (Instagram/@drm.garage)

Berbeda dengan foto uji jalan sebelumnya, video unggahan akun itu menunjukkan bahwa Toyota GR Yaris kali ini minim selubung. Bahkan bagian yang dirahasiakan hanyalah logo Toyota di depan dan belakang, serta emblem GR Yaris-nya.

Selain itu, diketahui bahwa GR Yaris ini sudah dilengkapi fitur radar. Hal ini berbeda dengan GR Yaris yang sempat masuk terlebih dahulu melalui importir umum Biker Plus Bogor pada bulan Juli 2021 lalu.

Artinya, kemungkinan besar mobil yang akan dijual resmi nanti akan mempunyai peranti keselamatan seperti Adaprive Cruise Control (ACC), Lane Trace Assist (LTA), serta Blind Spot Monitoring (BSM) melalui teknologi Toyota Safety Sense.

2 dari 3 Halaman

Interior Toyota GR Yaris dari importir umum Biker Plus Bogor (Instagram/@bikerplus.id)

Saat ini, belum diketahui tujuan pengetesan di jalan di Yogyakarta. Lantaran pelat mobil berawalan huruf 'B', boleh jadi TAM sedang melakukan tes jarak jauh dari Jakarta menuju Yogyakarta.

Kendati belum resmi luncur, TAM menyatakan bawa pengiriman unit sesuai pesanan akan dimulai bulan November depan. Bahkan pihak TAM mengakui bahwa perilisan GR Yaris ini berimbas pada molornya peluncuran Toyota GR86 terbaru.

"GR86 saya belum bisa komen, tapi pastinya kita under preparation, karena tahun ini kita masih fokus ke GR Yaris dahulu. Untuk Delivery kita targetkan start delivery di bulan November akhir tahun ini," ungkap Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy, dalam perbincangan dengan awak media beberapa waktu lalu.

3 dari 3 Halaman

Spesifikasi Toyota GR Yaris

Toyota GR Yaris (toyotagazooracing.com)

Sekadar informasi, Toyota GR Yaris merupakan mobil hatchback sports Toyota setelah peluncuran GR Supra di ajang North America International Auto Show pada bulan Januari 2019 lalu. Mobil itu berbasis dari Toyota Yaris generasi ke-4 yang dijual di pasar Eropa dan Jepang.

Dapur pacunya mencakup mesin 1.600cc tiga silinder turbo dengan semburan tenaga sebesar 261 PS dan torsi puncak 360 Nm. Seluruh daya pacu mesin disalurkan ke empat roda melalui transmisi manual 6 percepatan.

BERI KOMENTAR