HOME » BERITA » TOYOTA INNOVA DI NEGARA LAIN PUNYA VERSI 2.800CC, BEDA SPESIFIKASI DENGAN INDONESIA?

Toyota Innova di Negara Lain Punya Versi 2.800cc, Beda Spesifikasi dengan Indonesia?

Toyota Innova di Filipina disematkan mesin yang berbeda dengan Innova di Indonesia. Begini rinciannya.

Kamis, 23 Juni 2022 16:00 Editor : Arendra Pranayaditya
Toyota Innova di Negara Lain Punya Versi 2.800cc, Beda Spesifikasi dengan Indonesia?
Toyota Innova V di Filipina (toyota.co.ph)

OTOSIA.COM - Toyota Kijang Innova bisa dibilang sebagai salah satu mobil keluarga favorit di Indonesia. MPV andalan PT Toyota Astra Motor (TAM) ini tersedia dalam dua pilihan, yakni Toyota Kijang Innova dan Toyota Innova Venturer.

Toyota Kijang Innova mempunyai tampilan khas Innova Reborn yang sudah digunakan sejak tahun 2015. Namun pada tahun 2020, Kijang Innova menerima facelift yang mendapatkan ubahan ringan di sektor tampilan dan beberapa penambahan fitur.

Sementara Toyota Innova Venturer diposisikan sebagai versi termahal dari lini model Innova. Mobil ini disematkan paket fitur lengkap, seperti 7 airbags dan captain seat, sekaligus mempunyai tampilan yang lebih sporti.

1 dari 4 Halaman

Innova Filipina

Interior Toyota Innova di Filipina (toyota.co.ph)

Toyota Innova juga dijual di berbagai negara di luar Indonesia. Salah satunya adalah Flipina yang belum lama ini mendapatkan penyegaran untuk Toyota Innova di sana. Dengan adanya improvement, apa bedanya dengan Innova di Indonesia?

Melalui pembaruan tersebut, Toyota Innova di Filipina sudah mengusung tampilan terbaru Innova seperti di tanah air. Mobil tersebut mendapatkan desain bumper depan baru, grill berbentuk trapesium, lampu sein berbentuk segi-tiga dan lampu kabut LED kecil.

Selebihnya eksterior Toyota Innova di Filipina mirip dengan Kijang Innova di Indonesia. Yang berbeda adalah pelek lima palang seperti kepunyaan Kijang Innova Q yang sudah tidak lagi dijual di Indonesia.

2 dari 4 Halaman

Namun di Filipina tidak tersedia versi Venturer yang mendapatkan tampilan dan beberapa fitur yang berbeda.

Sisi interior mobil keluarga ini juga tidak memiliki perbedaan signifikan dengan versi lokal di Indonesia. Toyota Innova ini masih menggunakan desain basis dan konfigurasi tempat duduk yang sama.

Perbedaan di sisi interior hanya terletak di penggunaan warna coklat dan hitam, serta panel kayu di dasbor dibuat lebih gelap. Sementara letak panel AC, speedometer dengan MID dan desain andalan Innova lainnya masih sama seperti versi lokal.

3 dari 4 Halaman

Keselamatan dan performa

Fitur 7 airbags di Toyota Innova versi Filipina (toyota.co.ph)

Sisi keselamatan Toyota Innova di Filipina kurang lebih sama seperti Venturer di Indonesia. Mobil sudah dilengkapi ABS, EBD, Hill Start Assist (HSA), 7 airbags, dan sensor parkir di depan dan belakang.

Namun peranti keselamatan aktif seperti Advanced Driver Assistance System (ADAS) belum dipasangkan.

Perbedaan utama terletak pada sektor performa. Innova ini disematkan mesin 2.800cc 1GD-FTV diesel turbo seperti kepunyaan Toyota Fortuner 2.8 di Indonesia. Yang berbeda adalah output tenaga yang dihasilkan, yakni 174 PS dan torsi 360 Nm.

Sementara Innova di Indonesia bisa dipinang dengan pilihan mesin. Pertama adalah mesin 2.000cc 1TR-FE naturally aspirated bensin dengan semburan tenaga 139 PS dan torsi 183,4 Nm. Lalu kedua adalah mesin 2.400cc 2GD-FTV yang menghasilkan output 149 PS dengan torsi puncak 360 Nm.

4 dari 4 Halaman

Sistem penggerak roda dan pilihan transmisi tetap sama seperti Toyota Innova pada umumnya. Seluruh tenaga mesin disalurkan ke roda belakang (RWD) melalui transmisi manual 5 percepatan atau girboks otomatis 6 percepatan.

Toyota Innova di Filipina dijual 1.186.000 PHP atau Rp 323,7 juta (dengan kurs 1 PHP = Rp 272,93) untuk tipe terendah Innova J bertransmisi manual. Sedangkan varian termahal Innova V dengan girboks otomatis dibanderol 1.774.000 PHP atau Rp 484,2 juta.

Sebagai patokan Toyota Kijang Innova di Indonesia dijual mulai dari Rp 359,8 juta, hingga Rp 517,6 juta untuk model termahal Innova Venturer.

BERI KOMENTAR