HOME » BERITA » TOYOTA INNOVA HYBRID BUKAN SEKADAR RUMOR?

Toyota Innova Hybrid Bukan Sekadar Rumor?

Bahkan tak hanya Toyota Innova yang bermesin hybrid, tapi juga Toyota Fortuner.

Rabu, 16 Desember 2020 17:45 Editor : Cornelius Candra
Toyota Innova Hybrid Bukan Sekadar Rumor?
Toyota Innova (Toyota)

OTOSIA.COM - Toyota menjadi salah satu pabrikan yang cukup getol dalam menggarap segmen mobil hybrid. Saat ini, mereka telah memiliki 4 model, yakni Toyota Corolla Cross Hybrid, Toyota Corolla Altis Hybrid, Toyota Camry Hybrid, dan Toyota C-HR Hybrid.

Tentunya, langkah mereka tak akan berhenti di situ. Bob Azam, Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menyebut bahwa pihaknya akan terus mengembangkan kendaraan ramah lingkungan.

1 dari 3 Halaman

Bob mengatakan ada 2 alternatif yang bisa dilakukan oleh PT TMMIN. Pertama, mereka membuat model baru berbasis full-electric. Sedangkan pilihan kedua ialah menghadirkan versi hybrid untuk line-up yang sudah beredar sekarang.

"Kalau kami pertimbangkan industri otomotif yang sudah ada, lebih baik kami hadirkan versi hybrid untuk line-up yang sudah beredar," terang Bob sore tadi saat sesi diskusi virtual (16/12).

2 dari 3 Halaman

Toyota Fortuner

"Ini juga bisa untuk menjaga supply chain tetap ada dan teoknologi baru bisa diadopsi. Jadi bisa sekalian untuk pasar domestik dan ekspor. Kira-kira sudah bisa terlihat arahnya ke model yang mana," tambah Bob.

Mengacu pada pernyataan tersebut, ada kemungkinan bahwa teknologi hybrid berikutnya akan disematkan pada Toyota Innova dan Toyota Fortuner. Pasalnya, kedua mobil bersasis ladder-frame itu tak hanya laris di pasar otomotif lokal, tapi juga ekspor.

3 dari 3 Halaman

Berkaca dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang 2019 lalu, Toyota Fortuner yang diekspor mencapai 49.000 unit dan 5.300 unit untuk Toyota Innova.

Selain itu, Toyota Innova dan Toyota Fortuner memiliki kesamaan di sasis serta mesinnya. Kemungkinan besar, ketika salah satunya sudah menggunakan sistem hybrid, model lainnya akan mengikuti. Kita tunggu saja.

BERI KOMENTAR