HOME » BERITA » TOYOTA INNOVA KEMBALI JADI MOBIL TERLARIS KETIGA

Toyota Innova Kembali Jadi Mobil Terlaris Ketiga

Setelah terpuruknya penjualan Toyota Innova di bulan Juli, MPV itu meraih posisi ke-3 sebagai mobil terlaris se-Indonesia di bulan Agustus.

Kamis, 23 September 2021 12:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Toyota Innova Kembali Jadi Mobil Terlaris Ketiga
Toyota Innova (TAM)

OTOSIA.COM - Penjualan Toyota Innova sempat menukik tajam di bulan Juli. MPV itu hanya bisa meraih posisi ke-8 sebagai mobil terlaris di Indonesia dengan angka penjualan sebesar 2.113 unit.

Angka tersebut bahkan lebih rendah dibandingkan Toyota Fortuner dan Toyota Calya yang masing-masing mencatat 2.186 unit dan 2.293 unit.

1 dari 3 Halaman

Namun pada bulan berikutnya, Agustus, Toyota Innova mengalami peningkatan penjualan cukup tinggi. Berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bulan Agustus 2021, MPV bongsor itu berhasil terjual sebanyak 5.091 unit.

Pencapaian itu menempatkan Toyota Innova kembali ke posisi tiga besar mobil terlaris, di bawah Suzuki Carry pikap di posisi ke-2 dan Toyota Avanza di posisi pertama.

2 dari 3 Halaman

Hampir seluruh model naik

Mengacu pada data wholesales Gaikindo di bulan Agustus, terlihat hampir seluruh model Innova mengalami kenaikan penjualan. Yang terlaris, tipe Innova G A/T DSL, mencatat 1.080 unit. Padahal di bulan Juli 2021 varian tersebut hanya mencapai 533 unit.

Sementara Toyota Innova tipe G A/T Luxury juga mengalami kesuksesan yang sama. Penjualan model tersebut sebelumnya hanya mencapai 566 unit di bulan Juli 2021, sedangkan di bulan berikutnya laris terjual sebanyak 1.014 unit.

Selebihnya kenaikan varian lain relatif sama, di antaranya Innova V A/T DSL dari 235 unit menjadi 642 unit, Innova Venturer A/T DSL yang sebelumnya terjual 133 unit namun di bulan Agustus mencapai 323 unit, dan Innova G MT dengan angka 852 unit di bulan Agustus dari 186 unit di bulan Juli.

3 dari 3 Halaman

Satu varian turun

Di sisi lain, ada satu varian yang mengalami penurunan. Tipe yang dimaksud adalah Toyota Innova V A/T, di mana angka penjualannya turun dari 263 unit di bulan Juli 2021 menjadi 179 unit pada bulan setelahnya.

Selain itu ada data Gaikindo yang unik. Bukan Innova Edisi 50 tahun, melainkan tipe G MT model 2015 malah ada satu peminat. Artinya satu Innova model lama dengan trim termurah serta bertransmisi manual terjual.

BERI KOMENTAR