HOME » BERITA » TOYOTA KLAIM, FITUR KEAMANAN FORTUNER RAKITAN 2012 SUDAH CANGGIH

Toyota Klaim, Fitur Keamanan Fortuner Rakitan 2012 Sudah Canggih

Toyota sudah menyematkan fitur keselamatan aktif dan pasif dalam Fortuner rakitan 2012. Termasuk yang ditumpangi Setnov.

Sabtu, 18 November 2017 15:01 Editor : Rohimat Nurbaya
Mobil Fortuner yang ditumpangi Setya Novanto (Instagram)

OTOSIA.COM - Publik dibuat bertanya-tanya dengan kecelakaan yang menimpa, tersangka kasus e-KTP, Setya Novanto. Masyarakat heran mobil semahal itu, membuat penumpangnya cidera parah saat kecelakaan. Padahal biasanya mobil kelas premium seperti Toyota Fortuner sudah dilengkapi fitur keamanan.

General Repair Service Manager Workshop Department Technical Service Division di PT Toyota Astra Motor (TAM), Iwan Abdurahman mengatakan, mobil Fortuner yang ditumpangi Setya Novanto merupakan keluaran 2012. Toyota sudah menyebatkan fitur keselamatan yang canggih di mobil tersebut.

"Toyota memiliki setidaknya dua fitur keselamatan, aktif dan pasif," kata Iwan kepada Otosia.

Iwan mengatakan, fitur keselamatan aktif adalah fitur yang bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Fitur keselamatan jenis ini juga membutuhkan keaktifan pengemudi untuk membuat fitur ini dapat bekerja.

"Contoh fitur keselamatan yang termasuk kategori ini ialah Anti Lock Braking System," tutur dia.

Sementara, fitur keselamatan pasif berfungsi untuk mengurangi potensi terluka pada penumpang akibat benturan yang terjadi saat kecelakaan. Fitur ini akan bekerja sendiri saat memang diperlukan.

"Misalnya saja airbag bagian depan akan mengembang jika terjadi tabrakan pada kondisi tertentu, serta seatbelt yang berfungsi menahan gerakan badan penumpang saat terjadi tabrakan," jelas dia.

Selain itu, kata Iwan, termasuk juga struktur body kendaraan yang dirancang secara khusus untuk menyerap energi benturan agar bagian kabin bisa lebih terlindungi. "Semua fitur tersebut terdapat pada Fortuner, termasuk Fortuner yang produksi tahun 2012," imbuhnya.

(kpl/mat)

BERI KOMENTAR