HOME » BERITA » TOYOTA LAND CRUISER TERBARU JARANG DIPAKAI UNTUK OFF ROAD, MENGAPA?

Toyota Land Cruiser Terbaru Jarang Dipakai untuk Off Road, Mengapa?

Belakangan ini, all new Land Cruiser jarang sekali dipakai untuk kegiatan off road, mengapa?

Minggu, 16 Januari 2022 21:15 Editor : Ahmad Muzaki
Toyota Land Cruiser Terbaru Jarang Dipakai untuk Off Road, Mengapa?
All New Land Cruiser 300 resmi mengaspal di Indonesia (ist)

OTOSIA.COM - PT Toyota Astra Motor baru saja meluncurkan SUV premium All New Land Cruiser. Sejak pertama kali diluncurkan, SUV ini sudah memiliki DNA off road.

Karakter bodi yang besar dan agresif, ditambah dengan penggunaan mesin yang cukup buas, membuat banyak orang awalnya meminang mobil ini untuk melakukan adventure.

Namun belakangan ini, all new Land Cruiser jarang sekali dipakai untuk kegiatan off road. Menurut Julian Johan, seorang off roader Tanah Air salah satu alasannya adalah karena desainnya yang saat ini lebih modern membuat pemiliknya enggan untuk bermain kotoran di alam terbuka.

"Jadi, makin ke sini itu Land Cruiser imejnya bukan lagi sebagai mobil off road, tidak seperti Land Cruiser jaman dulu yang memang ditujukan untuk dunia off road banget. Kalau sekarang, memang arahnya sudah lebih mewah untuk mobil bos-bos yang dipakai untuk kerja," buka Jeje, kepada Liputan6.

1 dari 5 Halaman

Meski demikian, Jeje, berpendapat walaupun identitas all new Land Cruiser sudah modern, tetapi untuk kapabilitas dalam menaklukan medan off road masih sangat bisa diandalkan.

"Tapi sebenarnya gen off road itu masih tetap terus dibawa. Namun memang konsumen di Indonesia mungkin melihatnya mobil seperti ini sayang kalau dibawa untuk off road, jadi kalau bicara kemampuannya, sebenarnya bisa tapi lebih ke arah tega atau enggak tega aja, off road pakai All New Land Cruiser," tambah Jeje.

2 dari 5 Halaman

Lain lagi dengan kompetitor All New Land Cruiser asal Amerika Serikat, Jeep Wrangler Rubicon. SUV khas negeri Paman Sam ini masih banyak digunakan oleh pemiliknya untuk menerabas medan off road atau hutan sekalipun.

"Beda dengan Rubicon, mobil ini harganya kurang lebih sama, tapi karena imej mobil ini tetap off road banget, maka orang kalau melihat Rubicon dipakai off road, itu adalah hal biasa karena imej adventure yang masih melekat, tidak seperti all new Land Cruiser yang kini kesannya menjadi SUV premium," jelasnya.

3 dari 5 Halaman

Meskipun kemungkinan All New Land Cruiser ini sangat sedikit digunakan untuk off road, namun Jeje menjelaskan jika pemilik SUV premium ini ingin digunakan untuk adventure, ada modifikasi yang harus dilakukan agar mobil ini lebih proper.

"Kalau misalkan bicara kondisi standar, sudah mumpuni banget untuk off road. Cuma satu saja sebenarnya yang mungkin direkomendasi adalah penggantian bannya dengan menggunakan ban MT. Kalau mengandalkan ban bawaan pabrik, pattern-nya masih terlalu halus dan kurang menghasilkan traksi terhadap medan tanah," tandasnya.

4 dari 5 Halaman

Fitur dan Teknologi Land Cruiser GR-S Sangat Mumpuni untuk Medan Off Road

Meski kedua varian yang ditawarkan yakni VX-R dan GR-S sama-sama dibekali dengan fitur differential locker, namun pada tipe GR-S Toyota telah membekalinya dengan teknologi yang lebih mumpuni.

"Jadi kalau untuk yang GR-S itu, differential locknya lebih sakti lagi karena dia ada di bagian depan dan belakang. Tapi yang canggih, mode berkendara off road pada mobil ini ada yang auto. Jadi si mobil akan menyesuaikan kebutuhannya. Dia bisa membedakan dari karakter ngegas dan ngerem, terus traction controlnya itu bisa membedakan dari medan pasir atau batu dan itu mobilnya yang berfikir untuk melibasnya," beber Jeje.

5 dari 5 Halaman

Selain itu, pada All New Land Cruiser terbaru ini juga telah dipersenjatai dengan perangkat keamanan terbaik seperti rem yang dilengkapi Anti-lock Braking System + Electronic Brake-force Distribution + Brake Assist dan 8-airbags.

Fitur safety lainnya adalah Blind Spot Monitor (BSM), Vehicle Stability Control (VSC), Hill-start Assist Control (HAC), dan Traction Control (TC). Khusus untuk kebutuhan off-road, tersedia juga fitur Downhill Assist Control (DAC), Crawl Control, Multi-Terrain Select (MTS), ditambah Tire Pressure Monitor (TPM).

Tak hanya itu saja, SUV ini juga dilengkapi dengan Toyota Safety Sense (TSS) yang meliputi Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), Rear Camera Detection (RCD), Adaptive High-Beam System (AHS), dan Dynamic Radar Cruise Control (DRCC).

Penulis: Fahmi Rizki

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR