HOME » BERITA » TOYOTA LUNCURKAN GENERASI KEDUA SAUDARA YARIS, KONSUMSI BBM MAKIN IRIT

Toyota Luncurkan Generasi Kedua Saudara Yaris, Konsumsi BBM Makin Irit

Begini tampilan generasi kedua saudara Toyota Yaris bermesin hybrid

Rabu, 21 Juli 2021 19:15 Editor : Ahmad Muzaki
Toyota Luncurkan Generasi Kedua Saudara Yaris, Konsumsi BBM Makin Irit
Toyota Aqua (Carscoops)

OTOSIA.COM - Toyota baru saja meluncurkan generasi kedua dari Aqua alias Prius C di Jepang. Dibandingkan pendahulunya yang debut pada 2012 lalu, mobil ini dilengkapi dengan sistem hybrid yang 20 persen lebih efisien. Selain itu, hadir dengan platform baru dan desain modern.

Melansir Carscoops, Aqua terbaru didasarkan pada platform TNGA GA-B. Platform ini sama seperti milik Toyota Yaris terbaru yang meluncur tahun lalu.

1 dari 4 Halaman

(c) Carscoops

Secara spesifikasi, mobil ini ditopang dengan mesin bensin 1.5L naturally aspirated dan motor listrik. Menariknya, Toyota memakai teknologi baterai Bipolar Nickel-Hydrogen (NiH2) terbaru sebagai penggerak motor listriknya.

Berbeda dibandingkan baterai sebelumnya, NiH2 diklaim dapat memberikan output lebih besar, kira-kira dua kali lipat.

2 dari 4 Halaman

Tak hanya itu saja, Toyota Aqua juga bisa dikendarai dengan satu pedal, mirip dengan BEV dan PHEV. Hal ini berkat Mode Power+ yang memanfaatkan pengereman regeneratif untuk deselerasi kecepatan.

Menurut Toyota sendiri, konsumsi bahan bakar Aqua generasi kedua sangat mengesankan hingga 2,79 liter/100 km.

Karena Jepang kerap dilanda bencana, Toyota melengkapi Aqua dengan mode emergency power supply yang memungkinkan listrik diambil dari kendaraan untuk penggunaan eksternal selama pemadaman melalui AC 100-volt/1.500-watt stopkontak.

3 dari 4 Halaman

(c) Carscoops

Secara desain, Aqua terbaru tampil lebih modern dan sporty. Spatbor belakang dibuat lebih berotot dengan garis jendela yang meruncing, serta penggunaan lampu LED.

Meski memakai platform baru, jarak sumbu roda sedikit diperpanjang 50 mm, namun dimensi lainnya tidak berubah. Toyota mengklaim bahwa generasi kedua Aqua ini memiliki ruang interior yang lebih besar, terutama untuk penumpang belakang dan bagasi.

4 dari 4 Halaman

(c) Carscoops

Untuk interiornya, Aqua memakai instrument digital dan layar sentuh 10,5 inci. Sedangkan fitur keselamatan dilengkapi dengan Toyota Safety Sense edisi terbaru, yang menampilkan berbagai ADAS termasuk Full-speed Range Radar Cruise Control, Lane Tracing Assist, dan sistem Teammate Advance Park.

 

Toyota Aqua terbaru dijual dengan harga mulai $17.996 atau Rp261 juta hingga $23.657 atau Rp343 juta (Kurs $1=Rp14.538).

BERI KOMENTAR