HOME » BERITA » TOYOTA PERNAH BIKIN MPV KEREN SEKELAS AVANZA, TAPI SAYANG TAK LAGI DIPRODUKSI

Toyota Pernah Bikin MPV Keren Sekelas Avanza, Tapi Sayang Tak Lagi Diproduksi

Mobil ini pernah berjaya di tahun 2003 lalu, tapi akhirnya harus berhenti produksi tahun 2011.

Minggu, 02 Agustus 2020 10:15 Editor : Nurrohman Sidiq
Toyota Pernah Bikin MPV Keren Sekelas Avanza, Tapi Sayang Tak Lagi Diproduksi
Toyota Raum (japanaas.mn)

OTOSIA.COM - Sebagai pemain lama dalam dunia otomotif, Toyota tentu sudah banyak menelurkan produk-produk keren dari masa ke masa, tak terkecuali MPV satu ini. Nama dan modelnya memang tidak begitu familiar, tapi populasinya masih ada di Indonesia.

Inilah Toyota Raum, mobil small MPV yang dulu pernah populer di Jepang. Bahkan tahun 2003 lalu, menurut beforward.jp, mobil ini sempat menyabet gelar Japan Good Design Award. Itu gara-gara desain Raum yang nyaman dan ergonomis untuk mobil keluarga.

1 dari 3 Halaman

Dalam Bahasa Jerman, Raum berarti ruang atau area yang luas sehingga mampu menampung banyak benda. Makanya, desain mobil pun dibikin unik atau sesuai Bahasa Jepang disebut 'An-Raku-Tan' yang artinya keterjangkauan, keamanan, kemudahan penggunaan, dan kesederhanaan.

Dengan mesin berkapasitas 1.5 liter 4-silinder, Raum tercatat memiliki konsumsi bahan bakar hingga 11 liter/100 Km. Uniknya lagi, di pasaran tersedia dua tipe penggerak yaitu front wheel drive dan all wheel drive.

 

2 dari 3 Halaman

Sisi eksterior raum untuk era sekarang tentu saja terlihat kuno. Namun mobil seperti ini masih banyak peminatnya di Indonesia. Bagian unik dan tak asing ada pada kaca baris terakhir. Bentuknya yang terpisah mengingatkan pada model SUV Fortuner atau Toyota Rush dengan ban serep konde.

Fitur yang paling menarik dari mobil ini adalah pintu baris kedua yang mirip dengan Toyota Sienta. Ya, sliding door.

Toyota Raum (ucar-kai.com)

 

3 dari 3 Halaman

Pintu depannya masih sama seperti mobil pada umumnya. Tapi ketika pintu semua dibuka, akomodasi mobil ini nampak super luas! Hal itu karena pilar B yang absen sehingga tidak menghalangi penumpang atau barang masuk ke mobil.

Meski begitu menyenangkan, Toyota Raum nyatanya tidak mampu bertahan lama. Meluncur di tahun 2003, Raum harus berhenti produksi pada 2011.

BERI KOMENTAR