HOME » BERITA » TOYOTA SIAPKAN VERSI GR, SEBERAPA LARIS YARIS DI SEGMEN HATCHBACK?

Toyota Siapkan Versi GR, Seberapa Laris Yaris di Segmen Hatchback?

TAM diketahui sedang uji tes jalan GR Yaris. Mengusung nama yang serupa, TAM juga menjual Yaris GR Sport. Bagaimana penjualannya di bulan September?

Jum'at, 15 Oktober 2021 20:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Toyota Siapkan Versi GR, Seberapa Laris Yaris di Segmen Hatchback?
Toyota Yaris GR Sport (TAM)

OTOSIA.COM - PT Toyota Astra Motor (TAM) diketahui sedang melakukan tes jalan untuk GR Yaris. Mobil tersebut terekam pada Instagram story akun @drm.garage, Selasa (12/10/2021). Pada video singkat itu, nampak Toyota GR Yaris yang minim kamuflase berada di sebuah jalan di Yogyakarta.

Berbeda dengan GR Yaris pada Instagram story tersebut, TAM saat ini juga menjual Yaris dengan embel-embel GR, yakni Toyota Yaris GR Sport.

1 dari 5 Halaman

Mobil ini masuk ke dalam segmen hatchback dengan lawan terdekat Honda City hatchback, Mazda 2, VW Polo, Suzuki Baleno, serta Kia Rio.

Persaingan di kelas hatchback terbilang ketat, terutama yang berasal dari sesama brand Jepang. Lawan paling kuat adalah Honda City hatchback.

Lantas seberap laris Toyota Yaris dibandingkan para rivalnya?

2 dari 5 Halaman

Data Gaikindo

Berdasarkan data whole sales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bulan September 2021, penjualan pada segmen hatchback di Indonesia mencapai 1.740 unit.

Dari angka penjualan tersebut, predikat mobil hatchback terlaris menjadi milik Honda City hatchback RS. Mobil ini tercatat laku sebanyak 930 unit di mana model bertransmisi CVT adalah yang paling laris atau terjual 857 unit.

3 dari 5 Halaman

Posisi kedua ditempati Toyota Yaris. Hatchback Toyota ini mempunyai angka penjualan sebanyak 766 unit di bulan September 2021. Model paling banyak terjual adalah Yaris GR Sport CVT 3 airbags dengan angka 579 unit.

Selanjutnya diisi oleh Mazda2. Mobil kompak berlogo ?M? ini laris terjual sebanyak 37 unit. Angka tersebut tercapai melalui kontribusi dari tipe GT, varian lain tidak tercatat nol penjualan.

4 dari 5 Halaman

Urutan keempat datang dari merek non Jepang, yakni VW Polo. Hatchback yang masih mengusung generasi lawasnya ini laku sebanyak 5 unit di medio September 2021. Sama seperti Mazda2 di atas, 5 unit itu merupakan hasil dari penjualan satu tipe, yakni GT TSI.

Posisi selanjutnya diduduki oleh Suzuki Baleno. Suzuki mencatat angka penjualan sebesar 2 unit, di mana transmisi manual dan otomatis masing-masing terjual 1 unit.

Sementara brand Korea Selatan yang masuk di segmen ini, KIA Rio, tidak mencatatkan penjualan di bulan September 2021.

5 dari 5 Halaman

Daftar hatchback terlaris

Berikut adalah daftar mobil hatchback terlaris di Indonesia berdasarkan data whole sales Gaikindo bulan September 2021.

Hatchback

Wholesales

Honda City HB RS

930 unit

Toyota Yaris

766 unit

Mazda 2

37 unit

VW Polo

5 unit

Suzuki Baleno

2 unit

KIA Rio

0 unit

Total

1.740 unit

BERI KOMENTAR