HOME » BERITA » TOYOTA YARIS CROSS SEGERA MASUK PASAR INDONESIA?

Toyota Yaris Cross Segera Masuk Pasar Indonesia?

Toyota patenkan desain SUV baru, jadi sinyal kehadiran Yaris Cross di Indonesia?

Minggu, 05 September 2021 19:15 Editor : Ahmad Muzaki
Toyota Yaris Cross Segera Masuk Pasar Indonesia?
Toyota Yaris Cross. (Toyota)

OTOSIA.COM - Secara mengejutkan Toyota telah mendaftarkan paten desain mobil baru model SUV. Hal ini diketahui dari laman resmi Pangkalan Data Kekayaan dan Intelektual (PDKI) Kemenkumham Indonesia.

Pada laman tersebut sebuah mobil SUV kompak dengan nomor permohonan A00202000566 sudah didaftarkan sejak 18 Februari 2020. Sementara nomor persetujuan dari Direktur Putusan dikeluarkan pada September 2020.

1 dari 8 Halaman

Paten desainnya dipegang langsung oleh Toyota Jepang. Tertera juga lima nama perancang desainnya yakni Hideaki Iida, Jun Takahashi, Maki Kobayashi, dan Yoshikazu Shoji yang semuanya berkebangsaan Jepang.

Melihat sekilas purwarupanya, paten mobil ini bisa dibilang mirip dengan Toyota Yaris Cross yang sudah lebih dulu diperkenalkan di Jepang pada Agustus 2020 lalu. Saat itu, mobil ini diluncurkan secara virtual.

Dapur pacu Toyota Yaris CrossMengutip laman resmi Honda Jepang, Yaris Cross dirancang dari basis Yaris Hatchback terbaru yang sudah mengusung sasis Toyota New Global Architecture atau TNGA-B. Terkait jantung pacunya, pabrikan menyediakan dalam jenis mesin bensin dan juga hybrid.

2 dari 8 Halaman

Nah untuk opsi bensin, di balik kapnya bersemayam mesin 1.500 cc Dynamic Force Engine dengan kode M15A-FKS. Mesin ini mampu menghempaskan tenaga maksimal 120 PS atau setara 118,3 daya kuda dan torsi puncak 145 Nm yang disalurkan lewat transmisi Direct Shift CVT.

Untuk opsi kedua dibenamkan mesin hybrid 1.500 cc dengan teknologi Toyota Hybrid System generasi II. Mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga maksimal sampai 91 PS atau 89,7 daya kuda dan torsi tertinggi menyentuh 120 Nm. Output ini dikawinkan dengan transmisi e-CVT.

3 dari 8 Halaman

Bicara teknologi dan fiturnya, Toyota Yaris Cross dibekali beberapa piranti canggih. Mengutip Toyota Global, SUV ini dibenamkan dengan Toyota Safety Sense.

Di antaranya adalah Pre-collision Safety System, Low Speed Acceleration Control, The Emergency Steering Assist, Radar Cruise Control, Lane Tracing Assist (LTA), Adaptive High-beam System (AHS), dan Road Sign Assist (RSA).

Tak luput juga hadir ISOFIX serta sabuk pengaman tiga titik untuk pengemudi dan seluruh penumpang. Kemudian fitur keamanan Airbags, Blind Spot Monitoring, S-VSC with lateral wind control, sampai Secondary Collision Brake.

4 dari 8 Halaman

Desain Eksterior dan Interior

Nah terkait desainnya, Toyota Yaris Cross bisa dibilang lahir dengan tampilan yang benar-benar baru dan segar.

Di negeri asalnya Jepang, mobil tersebut hadir dengan opsi warna single tone dan dual tone serta kombinasi atam hitam. Ya, boleh bilang mirip-mirip dengan Toyota CH-R, tapi secara posisi tentu di bawahnya.

Untuk sistem penerangan baik di depan dan belakang sudah menggunakan teknologi LED dan sudah mengusung lampu kabut LED juga. Desain headlamp selaras dengan tampilan grille dan bumper yang terlihat agresif. Sementara di buritan menggunakan lampu dengan desain horizontal.

5 dari 8 Halaman

Menelisik dari samping, aura SUV dari Yaris Cross cukup kuat. Lihat saja, ia dilengkapi dengan komponen fender, side skirt, sampai bumper belakang yang garang karena dilabur dengan kelir hitam doff.

Menguatkan identitasnya sebagai mobil tangguh, keempat roda sudah mengaplikasikan velg dengan kelir dual tone kombinasi warna silver dan hitam. Sementara untuk ukuran roda menggunakan lingkar 18 inci.

Sebagai SUV kompak, Toyota Yaris Cross memiliki panjang 4.180 mm, lebar 1.765 mm, dan tinggi mencapai 1.560 mm. Adapun untuk wheelbase bermain di 2.560 mm.

6 dari 8 Halaman

Mari kita tengok desain kabinnya, Yaris Cross ternyata memadukan beberapa warna. Dari foto yang diunggah Toyota Global terlihat warna hitam dan coklat menjadi kombinasi yang manis.

Area dashboard sudah menyematkan head unit audio dengan layar sentuh dan hadir pula pengaturan AC digital. Nah selanjutnya pabrikan memadukan door trim, serta jok dengan campuran bahan kulit dan fabric.

7 dari 8 Halaman

Lingkar setir terlihat premium lantaran berbalut kulit lengkap dengan pengaturan audio steering. Di bagian atas cluster meter hadir fitur Head Up Display (HUD) yang bisa menampilkan informasi berkendara serta indikator kecepatan.

Untuk area bagasi memiliki kapasitas hingga 390 liter yang klaimnya bisa menampung barang bawaan dengan dimensi besar. Ya, mulai dari koper atau sepeda lipat, atau mungkin saja tas golf.

8 dari 8 Halaman

Respon Toyota Indonesia

Lantas dengan munculnya gambar paten di laman PDKI, apakah ini pertanda jika Yaris Cross segera dilahirkan di Indonesia? Mengkonfirmasi hal tersebut, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmy Suwandi memilih irit bicara.

Anton mengatakan saat ini Toyota Yaris Cross belum masuk strategi produk penjualan di Tanah Air. Namun ia sedikit memberi kisi-kisi jika mobil ini kelak akan diniagakan di Indonesia.

"Mohon maaf, saya belum bisa komentar untuk future product," ucapnya singkat kepada OTO.com, Jumat (3/9).

Terkait harga, Yaris Cross di Jepang dijual mulai dari 1.798.000 yen atau Rp 233 jutaan dan untuk tipe paling mahal alias hybrid dibanderol 2.815.000 yen atau berkisar Rp 365 jutaan.

Sumber: Oto.com, Liputan6.com

BERI KOMENTAR