HOME » BERITA » TOYOTA YARIS: SIAP BERSAING DENGAN MESIN BARU

Toyota Yaris: Siap Bersaing Dengan Mesin Baru

Selasa, 15 November 2016 19:15 Editor : Fajar Ardiansyah
Toyota Yaris (foto: OTO)

OTOSIA.COM - PT Toyota Astra Motor akhirnya merilis versi facelift untuk hatchback andalan mereka, Toyota Yaris. Tak sekedar ganti kosmetik belaka seperti pada Yaris generasi sebelumnya, Yaris baru juga mendapat jantung mekanis dan sistem transmisi baru. Bersamaan dengan itu, varian baru dari Yaris juga diluncurkan oleh TAM, yakni Yaris Heykers yang sarat dengan aksesori dan aura crossover.

Toyota Yaris hatchback generasi terakhir membawa perubahan signifikan, namun hanya dari sektor bodi dan penampilan. Dimensinya lebih besar dan panjang, sehingga bisa lebih bersaing dengan Honda Jazz generasi kedua yang juga hadir lebih besar dibanding pendahulunya. Namun, dari sektor performa, Honda Jazz generasi kedua juga sudah menggendong mesin baru. Kali ini, Honda Jazz generasi ketiga yang hadir sejak 2014 siap ditantang kembali oleh Yaris yang sudah menggendong jantung mekanis baru.

Pihak Toyota memberikan mesin berkode 2NR-FE kepada Yaris baru menggantikan mesin 1NZ. Mesin baru tersebut sudah digunakan oleh Toyota Sienta dan Vios terbaru. Transmisi otomatis CVT juga melekat pada Yaris baru. Kombinasi tersebut juga digunakan oleh Sienta. Namun, Sienta menawarkan pilihan manual 6-speed dan otomatis CVT 6-speed.

Pada Yaris, mesin berkapasitas 1.5 liter nya sudah dibekali katup variabel ganda atau dual VVT-i. Klaim efisiensinya mencapai 17 persen saat dipadankan dengan transmisi manual 5-speed dan mencapai angka 30 persen saat dikombinasikan dengan CVT 7-speed.

Sektor penampilan Yaris baru tak luput ditingkatkan, dengan varian trim TRD Sportivo mendapat banyak aksesori pada bodi. Desain lampu fog baru, TRD Side Stripes yang sporty, spoiler belakang dwi-warna yang sporty, dan velg alloy dwi-warna baru. Sementara varian bawah E dan G juga mendapat velg alloy baru.

Yaris Heykers tampil berbeda dengan postur badan lebih tinggi. Peningkatan ground clearance menjadi 184 mm, lebih tinggi 35 mm dari Yaris biasa, merupakan hasil dari penggunaan suspensi baru TRD dan ban berukuran 195/55 R16.

Selain itu, demi menunjang penampilan crossover, Yaris Heykers juga dilengkapi dengan roof rail, rear cross bumper, velg alloy two tone, side body molding, dan desain lampu fog baru. Pada interior, Yaris Heykers dibekali layar sentuh 7 inci sebagai pusat infotainment, pendingin suhu kabin otomatis, desain lingkar kemudi tiga palang yang sporty, dan tombol Smart Start Stop Engine.

(kpl/prl/fjr)

BERI KOMENTAR