HOME » BERITA » TRAILBLAZER VGT DAN FORTUNER VNT, SERUPA TAPI TAK SAMA

Trailblazer VGT dan Fortuner VNT, Serupa Tapi Tak Sama

Selasa, 21 Agustus 2012 10:45

Trailblazer VGT dan Fortuner VNT, Serupa Tapi Tak Sama
Chevrolet Trailblazer VGT
Editor : Anton Mobil Terkait : Mobil Toyota Fortuner Dijual

Otosia.com - Kehadiran SUV Chevrolet Trailblazer VGT terbaru di bulan September, akan menantang Toyota Fortuner VNT. Keduanya memiliki perangkat serupa untuk mesin turbo dieselnya. Jika Toyota punya Fortuner dengan variable nozzle turbo , maka Chevy akan punya Trailblazer VGT.

VGT merupakan kependekan dari variable-geometry turbocharger. Seperti juga VNT, teknologi ini memungkinkan baling-baling turbin atau sayap-sayap yang didorong oleh gas buang mengalami perubahan sudut atau posisi sesuai dengan putaran mesin.

Turbo pada dasarnya memaksakan udara masuk ke mesin lewat sedotan dari kompresor dari gas buang yang menyembur ke baling-baling turbin. VGT dan VNT ini memungkinkan sayap-sayap tadi lebih merebah, sehingga angin dorongan membuat kerja tubro lebih cepat saat gas buang mesin baru mulai mendorong sayap-sayap tersebut.

Jika dorongan sudah stabil, maka sayap-sayap kembali menegak seperti kondisi normal. Hasilnya, tidak terjadi apa yang disebut dengan 'turbo lag'. SUV Chevrolet Trailblazer sendiri di Thailand dipasarkan dalam dua pilihan mesin, 2,5 liter dan 2,8 liter.

Namun pasar Indonesia kemungkinan hanya akan kedatangan satu pilihan sebagai langkah penjajakan, yaitu mesin diesel 2,5 liter karena terkait pajak.

Selain VGT, mesin diesel 2,5 liter tersebut berkonfigurasi empat-silinder Duramax menghasilkan tenaga 150 HP dan torsi maksimum 350 Nm. Ia memiliki fitur HSA untuk memudahkan pengemudi start di tanjakan atau di medan yang miring.

Dengannya, saat berhenti di tanjakan, HSA secara otomatis akan mencegah kendaraan mundur.

Mobil ini pun dilengkapi HDC untuk memudahkan pengemudi mengatur gerak kendaraan ketika menghadapi turunan. Yang tak kalah menarik, Trailblazer ini juga menunjukkan perbedaan pada kapasitas penumpang.

Seperti ditunjukkan Antonio Zara, Vice President Marketing, Sales, Aftersales, General Motors Asia Tenggara, di Jakarta, mobil itu tak lagi hanya membuat 5 penumpang, tetapi menjadi 7 penumpang atau lebih banyak.

"Kalau dulu kan Blazer untuk 5 penumpang. Kini Trailbalzer bisa diubah menjadi SUV 7-penumpang," ungkapnya.

Soal harga, di Thailand ia dipasarkan pada rentang Rp. 314 juta 441,5 juta. Adapun Toyota Fortuner Diesel Turbo mulai dari G Rp. 387 juta hingga TRD Sportivo Rp. 421,9 juta. Soal harga, Chevy memang agaknya akan kewalahan, walaupun tetap punya penggemar loyal.(kpl/why/bun)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-5-3
detail

BERITA POPULER