HOME » BERITA » TRAKTOR INI PUNYA CARA CEPAT DAN TAKTIS UNTUK 'MENCINCANG' KAYU

Traktor ini Punya Cara Cepat dan Taktis untuk 'Mencincang' Kayu

Selasa, 18 April 2017 18:15

Traktor ini Punya Cara Cepat dan Taktis untuk 'Mencincang' Kayu
Traktor Raumec Oy (foto: Extreme Machine Magazine)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Sudah agak jarang ya Otolovers menjumpai pabrik, atau korporasi dalam berbagai skala yang masih menggunakan kayu sebagai bahan dasar untuk menggerakkan ekonominya. Memang mulai berkurang, tapi tak berarti tidak ada karena kayu pada dasarnya juga masih sangat berguna sebagai bahan energi utama.

Beberapa alasan yang mendasari adalah bahwa kayu sudah mulai berkurang jumlahnya di samping reboisasi yang agak tersendat, juga karena bahwa pengolahan kayu dengan cepat untuk bahan mentah juga agak ribet. Beberapa masih harus menggunakan kapak dan gergaji mesin yang kurang efektif.

Namun kendaraan traktor ini punya cara yang amat efektif untuk memotongi kayu dalam jumlah cukup besar menjadi potongan-potongan yang lebih kecil. Otomatisasi dan teknik robotik bisa dilihat fungsinya pada video unggahan Akun youtube Extreme Machine Magazine ini.

Ekskavator yang dipergunakan oleh pabrik Raumec Oy yang berdomisili di Finlandia menggunakan kombinasi antara robot hidrolik dengan mata pisau pengiris kayu dengan diameter besar. Bahkan alat ini bisa dipergunakan untuk kayu dengan panjang hingga 11 meter dengan diameter hingga 50-an senti.

Output yang diharapkan adalah bahwa kayu yang ditebang akan berbentung gelondongan sebelum dicincang kecil-kecil oleh mesin dari Raumec Oy. Simak videonya Otolovers, bisa menghemat waktu untuk memotong kayu sangat signifikan ini!

(kpl/fjr)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-6-6
detail

BERITA POPULER