HOME » BERITA » CANGGIHNYA ARMADA BARU TRANSJAKARTA, SOPIR LANGSUNG DIINGATKAN BEGITU NGEBUT

Canggihnya Armada Baru Transjakarta, Sopir Langsung Diingatkan Begitu Ngebut

Kalau diperhatikan, bus-bus Transjakarta memakai angka "50 km/jam" di bodinya. Angka ini jaminan batas kecepatan Transjakarta di jalurnya.

Sabtu, 24 Maret 2018 10:25 Editor : Cornelius Candra
Foto : Nazar Ray

OTOSIA.COM - Kalau diperhatikan, bus-bus Transjakarta memakai angka "50 km/jam" di bodinya. Angka ini jaminan batas kecepatan Transjakarta di jalurnya.

Sebagian besar dari bus-bus tersebut sudah diatur atau disetting untuk tidak bisa melebihi kecepatan tersebut. Namun, sebagian bus lainnya masih belum mendapatkan setting tersebut.

"Sebenarnya sesuai peraturan di keselamatan jalan. Namun beberapa situasi ada yang melebihi, memang disiapkan beberapa bus yang tidak pol, tapi bisa 60 km/jam. Namun sebenarnya dibatasi 50 km/jam karena kami kontrol di command center," kata Shadiq Helmi, Business Process & Development PT Transjakarta.

Command center adalah pusat pemantau aktivitas bus-bus tersebut. Jika mereka mendapati bus melaju kencang, mereka akan memberi tahu secara langsung.

Informasi soal pelanggaran batas kecepatan itu sendiri melibatkan sejumlah perangkat. Kalau tembus 50 km/jam, akan ada lampu merah yang menyala.

"Jadi begitu kecepatannya di atas 50 km/jam, dia akan berwarna merah. Nanti di dalam bus itu ada alat OBU, kami di command center bisa ngomong langsung ke pengemudinya. 'Pak tolong kurangi kecepatannya demi keselamatan."

(kpl/nzr/crn)

BERI KOMENTAR