HOME » BERITA » TREN BERGESER, KONTES MEKANIK CONDONG KE PERAWATAN SKUTIK

Tren Bergeser, Kontes Mekanik Condong ke Perawatan Skutik

Kamis, 20 September 2018 08:45 Editor : Ahmad Muzaki
Foto by Nazarudin Ray

OTOSIA.COM - Pertumbuhan pasar skuter matik di Indonesia bersamaan dengan perkembangan teknologi menjadikan tingginya kebutuhan pelayanan servis yang lebih baik.

Hal tersebut dipandang penting oleh PT Federal Karyatama (FKT) sehingga mereka mengadakan kompetisi tahunan mekanik sepeda motor yang disesuaikan dengan tren dan perkembangan terkini teknologi motor matik.

Menyadari bahwa para mekanik adalah adalah ujung tombak bengkel Federal Oil Center (FOC) dan Super Federal Oil Center (SFOC), FKT menyelenggarakan Federal Oil Mechanic Contest 2018 yang diikuti ratusan mekanik dari seluruh Indonesia.

Kontes mekanik Federal Oil difokuskan pada perawatan skutik dan pelumas roda dua. Dua hal ini dianggap penting sejalan dengan makin besarnya populasi skutik di pasar roda dua di Indonesia.

“Kenapa lebih fokus ke matik? Karena biar bagaimanapun populasi motor matik makin gede. Kalau kita lihat data-data penjualan sepeda motor kan, lebih dari 80 persen matik. Populasinya makin besar. Karena itu kita harus agresif melakukan upaya-upaya mendorong produk (oli matik) kita,” kata Patrick Adhiatmadja, Presiden Direktur PT Federal Karyatama.

Namun menurut Patrick Adhiatmadja, sejatinya teknisi roda dua harus menguasai semua jenis sepeda motor. Hanya saja, pergeseran tren sepeda motor saat ini mendorong FKT untuk mengarahkan mekanik terampil menangani semua tipe skutik, termasuk memahami perkembangan teknologi pelumas khusus untuk jenis sepeda motor ini.

“Secara umum motornya (skutik) nambah terus. Kalau populasinya nambah terus, otomatis pasarnya makin berkembang untuk pelumas matik. Jadi ini semuanya sejalan,” terang Patrick Adhiatmadja,

Para pemenang Federal Oil Mechanic Contest tahun ini selain mendapatkan hadiah uang tunai dan smartphone, dua yang terbaik berkesempatan merasakan langsung pengalaman menjadi mekanik kelas dunia bersama Tim Gresini Racing pada MotoGP 2018 di Sepang, Malaysia.

Para teknisi yang mengikuti Federal Oil Mechanic Contest berasal dari Federal Academy Mechanic.

Akademi Federal Oil adalah program pendidikan yang disusun secara sistematis untuk mencipatkan standarisasi mutu dan kemampuan tenaga mekanik. Mereka selanjutnya akan diberi sertifikasi pada akhir masa pendidikan.

Sertifikasi sendiri disusun oleh sejumlah fasilitator dengan kapabilitas sebagai tim penilai sertifikasi pada Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Reporter : Nazarudin Ray

 (kpl/nzr/ahm)

BERI KOMENTAR