HOME » BERITA » TREN KEPEMILIKAN MOBIL SAAT INI HANYA 4 HINGGA 5 TAHUN

Tren Kepemilikan Mobil Saat Ini Hanya 4 Hingga 5 Tahun

Meningkatnya penjualan mobil bekas pada tahun ini memang telah diprediksi oleh sebagian kalangan. Faktor tahun politik yaitu adanya Pilkada dan Pilpres dinilai menjadi faktor yang sangat mempengaruhi tingginya penjualan mobil bekas dibanding mobil baru.

Senin, 25 Maret 2019 19:15 Editor : Ahmad Muzaki
Mobil bekas Toyota (Otosia.com/Muhammad Ikbal)

OTOSIA.COM - Meningkatnya penjualan mobil bekas pada tahun ini memang telah diprediksi oleh sebagian kalangan. Faktor tahun politik yaitu adanya Pilkada dan Pilpres dinilai menjadi faktor yang sangat mempengaruhi tingginya penjualan mobil bekas dibanding mobil baru.

Pada 3 bulan pertama di 2019 ini saja penjualan mobil bekas sudah menunjukkan kenaikan yang cukup signifikan. Menurut Sales Supervisor dari Toyota Trust, Abd Rahim Amihsa Ramadhan, pada 3 bulan pertama 2019 ini angka penjualan mobil bekas di Toyota Trust sudah mengalami peningkatan sekitar 30% hingga 50%.

Selain faktor tersebut, tren positif penjualan mobil bekas pada tahun ini juga dinilai tidak terlepas dari kehadiran mobil-mobil baru di awal tahun. Menurut General Manager dari Toyota Trust, David Tuerah mengatakan, "Kehadiran mobil baru juga memiliki andil yang cukup besar terhadap penjualan dari mobil bekas. Hal tersebut dikarenakan, banyak orang yang sebenarnya masih memiliki mobil cukup baru, namun begitu melihat mobil baru launching lagi akhirnya memutuskan untuk tukar tambah".

David juga mengatakan, "saat ini masyarakat sih cenderung hanya menggunakan mobil sekitar 4 hingga 5 tahun saja. Umumnya begitu mereka lunas, yaudah ganti baru lagi. Saat ini mayoritas sih pada menggunakan cicilan itu yang 4 hingga 5 tahun".

Tren tersebut dikatakan David tidak hanya berlaku pada pembelian mobil baru saja, namun juga pada pembelian mobil bekas. Banyak masyarakat yang melakukan kredit mobil bekas dalam jangka waktu 3-4 tahun, dan jika telah lunas akan menjualnya dan mengganti dengan unit yang lebih muda.

Melihat tren seperti itu, menurut David juga tentu sangat mempengaruhi terhadap tingginya transaksi mobil bekas setiap tahunnya.

(kpl/ikb/ahm)

BERI KOMENTAR