HOME » BERITA » TREN MOBIL BESAR, SUZUKI TARIK DIRI DI PASAR CHINA

Tren Mobil Besar, Suzuki Tarik Diri di Pasar China

Rabu, 05 September 2018 18:15 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by Suzuki Global

OTOSIA.COM - Bukan menjadi rahasia lagi bahwa pasar China bak kue lezat besar yang direbutkan berbagai perusahaan. Bahkan pabrikan otomotif sekelas BMW dan Mercedes pun turut dalam perebutan kue ini, dengan memenuhi standar kendaraan yang sesuai kebutuhan China, yakni mobil besar.

Lalu bagaimana dengan pabrikan spesialis mobil kecil? Tarik Diri.

Melansir Autoindustriya, Langkah itulah yang dilakukan Suzuki. Suzuki Motor Corporation telah mengumumkan bahwa mereka menarik diri dari pasar China dan menjual semua ekuitas mereka kepada mitra mereka, Changan.

"Sekitar 25 tahun yang lalu, kami meluncurkan Alto di China, dan sejak itu kami telah melakukan upaya dalam mengembangkan pasar China. Namun karena terjadi pergeseran tren di pasar China, kami telah memutuskan untuk mentransfer semua ekuitas ke Changan Automobile," ujar Chairman of Suzuki Motor Corporation, Osamu Suzuki.

Saat memulai operasi di China, Suzuki mulai kemitraan dengan para pembuat mobil domestik, dalam hal ini Changan. Pengalihan ekuitas berarti bahwa perusahaan akan mejadi anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Changan.

Merek Suzuki sebenarnya masih akan tetap di China, tetapi akan dioperasikan sepenuhnya oleh Changan degan model yang diproduksi secara lokal yang berlisensi dari Suzuki.

Dengan demikian, Presiden Changan Suzuki di Jepang akan mengundurkan diri. Suzuki mengatakan transfer ekuitas akan selesai setelah proses hukum di China selesai.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR