HOME » BERITA » TRIK BERMAIN OFFROAD BAGI PEMULA

Trik Bermain Offroad Bagi Pemula

Jum'at, 29 September 2017 21:15

Trik Bermain Offroad Bagi Pemula
Foto: Hafid
Editor : Fitradian Dhimas | Reporter : Muhammad Hafid

Otosia.com - Dalam berkendara di medan offroad, tak hanya spesifikasi kendaraan yang memiliki peranan penting, namun juga kemampuan berkendara. Saking pentingnya, kemampuan berkendara dibutuhkan agar risiko kecelakaan dapat ditekan secara maksimall. Lantas bagaimana cara yang benar ketika berkendara di trek offroad?

Menurut Fajar selaku instruktur Indonesia Defensive Driving Center, dibutuhkan ketenangan ketika melibas trek berkarakteristik alam. Pasalnya, cara berkendara yang terburu-buru atau panik, justru akan membuat kendaraan menjadi sulit dikontrol.

"Bagaimana caranya setenang mungkin, agar tidak terlalu sering mengoreksi arah ban," ucap Fajar.

Ketika melintasi jalan berlumpur contohnya, pengendara harus mampu merasakan pergerakan mobil dengan posisi ban. Sebab, kemungkinan mobil terus berjalan berlawanan dengan arah kemudi dapat terjadi.

Di samping itu, trik lainnya adalah tidak menekan pedal gas terlalu dalam. Dalam bermain offroad, pergerakan haruslah seefektif mungkin. Artinya, permainan pedal gas dibutuhkan agar ban mendapatkan traksi ke permukaan jalan. Apabila terlalu liar bermain pedal gas, kemungkinan mobil selip atau bahkan terperosok karena tak bisa dikontrol sangat mungkin terjadi.

"Jangan nafsu bermain pedal gasnya. Misal saat menanjak, biasanya kita berpikir agar bisa jalan butuh tambahan tenaga. Padahal tidak juga, mainkan saja kemudinya ke kanan dan ke kiri sambil gas, tujuannya agar ban menemukan traksi yag dibutuhkan," ucap Fajar.

Hal terakhir adalah membaca trek dengan baik. Pergerakan yang tak boleh terlalu cepat sekaligus memberikan keuntungan dalam membaca trek di depan. Kita pun dapat segera mengantisipasi ketika menemui halangan di depan.

 (kpl/fid/fdk)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER