HOME » BERITA » TRUK JENIS APA YANG PALING LARIS DI INDONESIA?

Truk Jenis Apa yang Paling Laris di Indonesia?

Rabu, 26 Oktober 2016 13:15 Editor : Fajar Ardiansyah
Fuso (foto: Mitsubishi)

OTOSIA.COM - Penjualan truk di Indonesia selama Januari hingga September lalu lebih kurang mencapai 50.000 unit dengan nama-nama utama dari Mitsubishi, Hino, Isuzu, hingga Toyota.

Pada daftar ini, Mitsubishi menduduki porsi terbesar dengan rengkuhan pasar sebanyak 45 persen. Penjualan mereka sebanyak 23.127 unit sepanjang Januari-September 2016, dan Colt Diesel di kelas light duty truck menjadi penyumbang penjualan terbesar, sebanyak 21.215 unit.

Berkaca pada merek terlaris ini, terlihat jenis truk yang paling laris di pasaran Indonesia.

Ada tiga sektor untuk jenis truk yang laris di Indonesia. Meski saat ini pertambangan menjadi andalan, porsi jenis truk untuk sektor ini dari merekM Mitsubishi sebesar 25 persen saja. Angka yang sama terlihat jenis truk di sektor infrastruktur.

Jumlah terbesar justru datang dari sektor logistik atau customer goods, memberikan kontribusi paling besar sekitar 50 persen terhadap penjualan Mitsubishi Fuso.

Tidak heran, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia, turut dalam pameran Indonesia Transport, Supply Chain & Logistics (ITSCL) 2016, yang merupakan satu-satunya pameran yang didedikasikan secara khusus bagi para penyedia produk dan jasa transportasi serta logistik.

KTB yakin, posisi Indonesia sebagai negara penghubung jalur logistik di antara negara-negara Asia Pasifik, akan mendatangkan sejumlah investasi dan pemasukan negara yang dapat meningkatkan produktivitas industri dalam negeri.

Jika Pusat Logistik Berikat (PLB) yang dicanangkan pemerintah dapat terealisasi dengan baik, maka hal itu dapat memberikan efek positif terhadap peningkatan kinerja di berbagai sektor, termasuk sektor kendaraan niaga dalam aktivitas logistik

(kpl/why/fjr)

BERI KOMENTAR