HOME » BERITA » TUTUP TANGKI HARUS RAPAT TAPI KENAPA PUNYA LUBANG?

Tutup Tangki Harus Rapat Tapi Kenapa Punya Lubang?

Jum'at, 05 Mei 2017 16:15

Tutup Tangki Harus Rapat Tapi Kenapa Punya Lubang?
Foto: Istimewa
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Secara logika tempat penyimpanan bahan bakar sepeda motor harus rapat, tidak boleh ada kebocoran sedikit pun, sebab yang ditampung adalah benda berbentuk cair. Selain itu, penutup tangkinya juga harus rapat supaya bensin tidak tumpah dan tidak ada air yang masuk ketika motor kehujanan atau dicuci.

Namun ketika diperhatikan secara mendetail, ternyata hampir setiap tutup tangki bahan bakar sepeda motor pasti memiliki lubang kecil. Adanya lubang bukankah menjadi celah benda lain bisa masuk ke dalam tangki?.

Sebenarnya untuk apa sih lubang tersebut?

Ternyata lubang kecil tersebut diperuntukkan sebagai sirkulasi udara, sebab tangki didesain di dalamnya memiliki volume yang 'kedap untuk menampung bahan bakar, jadi ketika bahan bakar terhisap oleh mesin maka volume yang sebelumnya terisi bensin akan tergantikan oleh udara melalui lubang kecil tersebut.

Untuk itu penting juga menjaga lubang kecil tersebut agar mesin sepeda motor bekerja maksimal. Sebab kalau ventilasi tersebut tersumbat bahan bakar tidak akan bisa dihisap oleh mesin dan mesin tidak mau hidup.

 (kpl/rd)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER